Mars dan Bumi Sangat Dekat Minggu Ini, Baru Terulang 15 Tahun Lagi

Kompas.com - 05/10/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi planet Mars dan Bumi. Minggu ini, kedua planet ini akan berada pada jarak yang sangat dekat. SHUTTERSTOCK/OrlaIlustrasi planet Mars dan Bumi. Minggu ini, kedua planet ini akan berada pada jarak yang sangat dekat.


KOMPAS.com- Minggu ini, Mars berada di jarak yang sangat dekat dengan Bumi. Peristiwa ini baru akan terjadi lagi 15 tahun mendatang.

Melansir Science Alert, Senin (5/10/2020), jarak Mars dengan Bumi nanti hanya sekitar 62,1 juta km.

Itu artinya, dalam pengamatan bintang, planet merah ini akan tampak cerah, besar dan mudah diamati dengan atau tanpa teleskop.

Kabar baiknya, planet ini akan berada di langit malam dengan sedikit bintang dan jarak paling dekat akan terjadi pada Selasa (6/10/2020).

Baca juga: 3 Misi ke Mars di Bulan Juli, Apa yang akan Dilakukan NASA, China dan Uni Emirat Arab?


Bahkan, Jupiter dan Saturnus juga akan bersinar terang lebih dekat ke cakrawala.

Mars dan Bumi akan berada di orbit berbentuk sedikit elips, yang artinya keduanya akan sangat dekat satu sama lain.

Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion).

Pada titik ini, jarak keduanya paling sedikit sekitar 54,6 juta km. Konfigurasi ini disebut dengan oposisi, dan terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X