Planet Mars Terdekat dari Bumi Malam Ini, Bisa Dilihat Mata Telanjang

Kompas.com - 06/10/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi Mars dan Bumi SHUTTERSTOCK/ NikoNomadIlustrasi Mars dan Bumi

KOMPAS.com - Fenomena oposisi mars akan terjadi pertengahan bulan Oktober 2020 ini.

Namun Selasa (6/10/2020) malam nanti, Planet Mars akan tampak lebih besar dan terang dari biasanya. Ini karena Planet Mars berada di jarak terdekat dengan bumi.

Fenomena ini menarik untuk diamati karena hanya terjadi sekali dalam dua tahun dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

Baca juga: Planet Mars Terdekat dari Bumi Malam Ini, Catat Waktu Puncaknya

Berdasarkan keterangan di laman edukasi sains Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), jarak mars dari bumi ketika puncak perigee Mars adalah 0,415 sa atau 62,1 juta kilometer dengan diameter sudut 22,6 detik busur dan skala kecerlangan -2,6.

Kemudian saat oposisi, mars berjarak 0,419 sa atau 62,7 juta kilometer dari Bumi dengan diameter sudut 22,3 detik busur dan skala kecerlangan -2,6.

Kapan waktu yang tepat mengamatinya?

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging berkata, sebenarnya kita dapat mengamati fenomena Mars berada dalam jarak terdekat Bumi ini sepanjang malam.

"Bisa disaksikan sepanjang malam," kata Emanuel kepada Kompas.com, Senin (5/10/2020).

Secara terperincinya, perige Mars ini dapat diamati sejak pukul 18.15 WIB wkatu lokal dari arah Timur hingga keesokan harinya pada pukul 05.15 WIB (7/10/2020) waktu lokal dari arah Barat.

Namun, puncak perige Mars ini, akan terjadi malam nanti pada pukul 21.18 WIB.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X