Kebakaran Hutan di California Catatkan Rekor, 4 Juta Hektar Lahan Hangus

Kompas.com - 05/10/2020, 16:08 WIB
Foto arsip 7 September 2020 menampilkan seorang petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan Creek Fire, karena membahayakan rumah-rumah di lingkungan Cascadel Woods, Madera County, California. AP PHOTO/NOAH BERGERFoto arsip 7 September 2020 menampilkan seorang petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan Creek Fire, karena membahayakan rumah-rumah di lingkungan Cascadel Woods, Madera County, California.

KOMPAS.com - Para pejabat California pada Minggu (4/10/2020) mengumumkan kebakaran tahun ini telah menghanguskan 4 juta hektar hutan.

Ini adalah rekor kebarakan terluas yang pernah dicatat Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California atau Cal Fire yang didirikan pada 1933.

Angka itu dua kali lipat lebih besar dari rekor kebakaran hutan yang pernah tercatat di California dalam satu tahun.

"Angka 4 juta itu tak terduga. Ini mengejutkan dan membuat Anda terengah-engah," kata Juru Bicara Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, Scott McLean, dikutip dari AP News, Senin (5/10/2020).

Sejauh ini, lebih dari 8.200 titik kebakaran hutan tercatat di California. Bencana itu menewaskan 31 orang dan menghanguskan hutan lebih dari 4 juta hektar.

Selain itu, api juga telah menghancurkan lebih dari 8.400 bangunan.

"Tahun ini masih jauh dari usai dan potensi kebakaran masih tinggi. Harap berhati-hati di luar," tulis Cal Fire dalam unggahan akun Twitter-nya.

Baca juga: Kisah WNI Jadi Relawan Pemadam Kebakaran California, Kerja 18 Jam Sehari

Kebakaran dahsyat itu mengakibatkan kualitas udara yang memburuk dan asap tebal, sehingga menutupi sinar matahari dalam beberap hari.

Bulan lalu, gelombang panas tak henti-hentinya melanda negara bagian Amerika Serikat itu yang memicu kebakaran dan polusi udara, bahkan hingga masuk ke dalam ruangan.

Sejumlah penelitian telah mengaitkan kebakaran hutan yang lebih besar di AS dengan perubahan iklim akibat pembakaran batu bara, minyak, dan gas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X