Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Kutuk Wisatawan Bersenang-senang Tanpa Pikirkan Lockdown Covid-19

Kompas.com - 04/01/2021, 21:24 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus mengutuk orang-orang yang bepergian ke luar negeri untuk berlibur dan mengindahkan lockdown Covid-19.

Paus menambahkan bahwa wisatawan tidak mempertimbangkan efek tindakan mereka pada orang lain, jika mengabaikan aturan lockdown, seperti yang dilansir dari CNN pada Minggu (3/1/2021).

Ia mengatakan pada Minggu (3/1/2021) bahwa dia "sedih" oleh laporan berita yang mengklaim bahwa orang-orang terbang ke luar negeri untuk bersenang-senang di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Pesan Natal Paus Fransiskus: Vaksin untuk Semua, Bekerja Sama Jangan Bersaing

"Mereka adalah orang-orang baik, tetapi mereka tidak memikirkan tentang orang-orang yang tinggal di rumah, tentang masalah ekonomi banyak orang yang terpukul oleh lockdown, orang-orang yang sakit," kata Paus Fransiskus pada Minggu (3/1/2021).

"(Mereka berpikir) hanya untuk pergi berlibur dan bersenang-senang. Ini sangat menyakitkan saya," lanjutnya.

Baca juga: Terbelit Skandal, Paus Fransiskus Perketat Kontrol Keuangan Vatikan

Paus Fransiskus mengadakan doa Minggu dari perpustakaan Istana Apostolik, bukan dari jendela biasa yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, tempat orang banyak biasanya berkumpul, untuk membatasi penyebaran virus corona.

Banyak negara di dunia menghadapi lockdown baru dan pembatasan perjalanan, dengan 84 juta orang sekarang terinfeksi oleh virus corona.

Baca juga: Sah, Aborsi Legal di Negara Asal Paus, Argentina

Setidaknya 1,83 juta orang telah meninggal, menurut angka dari Universitas Johns Hopkins.

Memperbarui harapan terbaiknya untuk Tahun Baru, Paus Fransiskus berkata, "Apa yang dapat kita lakukan semua bersama dalam komitmen untuk lebih menjaga satu sama lain dan apa yang telah diciptakan."

Di masa lalu, Paus telah mengkritik orang-orang yang menolak memakai masker atau yang memprotes pembatasan virus corona. Berkomentar bahwa mereka bergerak di "dunia kecil yang mereka minati".

Baca juga: Sempat Sakit Pinggul, Paus Fransiskus Hadir Lagi Memimpin Doa Jemaat

Tahun ini, Paus menggunakan pesan Natalnya untuk mengatakan bahwa vaksin virus corona harus tersedia untuk semua orang, dan memohon negara bagian untuk bekerja sama dalam perlombaan untuk keluar dari pandemi Covid-19.

"Hari ini, di saat kegelapan dan ketidakpastian selama pandemi Covid-19, cahaya harapan yang berbeda muncul, seperti penemuan vaksin...mereka harus menyediakan untuk semua orang," kata Paus dalam acara tradisional Urbi et Orbi (ke kota dan dunia) pesan di Vatikan.

Baca juga: Pesan Damai Paus Fransiskus: Mari Kita Pikirkan Anak-anak di Yaman yang Kelaparan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com