6 Pemimpin Negara yang Mayatnya Diawetkan

Kompas.com - 03/01/2021, 15:01 WIB
Tangan Mao Zedong bersimbah darah rakyat China. Salah satu program politiknya, Lompatan Jauh ke Depan yang dilancarkannya tahun 1958 buat menyontek model ekonomi Uni Soviet menewaskan hingga 45 juta orang. Seakan tidak kapok, hampir 10 tahun kemudian ia mendeklarasikan Revolusi Kebudayaan buat memberangus budaya borjuis. Hasilnya sekitar 30 juta orang meninggal dunia.
AP/DWTangan Mao Zedong bersimbah darah rakyat China. Salah satu program politiknya, Lompatan Jauh ke Depan yang dilancarkannya tahun 1958 buat menyontek model ekonomi Uni Soviet menewaskan hingga 45 juta orang. Seakan tidak kapok, hampir 10 tahun kemudian ia mendeklarasikan Revolusi Kebudayaan buat memberangus budaya borjuis. Hasilnya sekitar 30 juta orang meninggal dunia.

KOMPAS.com - Sejumlah jenazah para pemimpin di dunia ada yang diawetkan dengan tujuan beragam.

Beberapa ditujukan agar kenangan tentang mendiang kekal selamanya, dan ada yang menjadi persembahan untuk partainya.

Namun secara umum, jasad para pemimpin dunia ini diawetkan lantaran jasa-jasa besar mereka di masa lampau.

Dari Rusia, Korea Utara, hingga Venezuela, inilah daftar 6 pemimpin dunia yang jasadnya diawetkan, dilansir dari stuff.co.nz.

Baca juga: 10 Negara dengan Militer Terkuat di Asia pada 2020, Indonesia Termasuk

Dua wisatawan sedang berpose di depan pintu masuk mausoleum tempat jasad Tokoh Komunis Rusia Vladimir Lenin disemayamkan. Pada hari-hari tertentu, tempat ini dibuka untuk umum, dan pengunjung dapat melihat jenazah Lenin yang diletakkan dalam peti kaca.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Dua wisatawan sedang berpose di depan pintu masuk mausoleum tempat jasad Tokoh Komunis Rusia Vladimir Lenin disemayamkan. Pada hari-hari tertentu, tempat ini dibuka untuk umum, dan pengunjung dapat melihat jenazah Lenin yang diletakkan dalam peti kaca.
1. Vladimir Lenin

Mantan pemimpin revolusioner Rusia ini jasadnya terbaring di Lapangan Merah Moskwa sejak kematiannya pada 1924, tetapi fisiknya masih utuh.

Makam Lenin buka untuk umum kecuali Senin, Jumat, dan Minggu, dari jam 10 pagi sampai 1 siang. Tiket masuknya gratis.

Saat Josef Stalin meninggal 29 tahun kemudian, dia sempat dibaringkan di sebelah Lenin tapi kemudian dipindah.

2. Mao Zedong

Tubuh eks pemimpin China ini diawetkan dan makamnya juga dibuka untuk umum, di ujung selatan Lapangan Tiananmen Beijing.

Mao Zedong sebenarnya meminta jasadnya dikremasi, tapi pada akhirnya dia dibalsem. Makamnya buka Selasa-Minggu pukul 8 pagi sampai siang.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Mao Zedong, Bapak Pendiri Republik Rakyat China

Mausoleum Ho Chi Minh di Hanoi, Vietnam.REUTERS / JORGE SILVA Mausoleum Ho Chi Minh di Hanoi, Vietnam.
3. Ho Chi Minh

Jenazah mantan pemimpin Vietnam ini diawetkan dan disimpan di Lapangan Ba Dinh, Hanoi, tempatnya membacakan deklarasi kemerdekaan pada 1945.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X