5 Fakta Zhong Shanshan Orang Terkaya Baru di Asia, Pernah Putus Sekolah

Kompas.com - 02/01/2021, 14:17 WIB
Nongfu Spring merek air kemasan milik Zhong Shanshan, orang terkaya baru di Asia yang menggeser Jack Ma. ANADOLU AGENCYNongfu Spring merek air kemasan milik Zhong Shanshan, orang terkaya baru di Asia yang menggeser Jack Ma.

BEIJING, KOMPAS.com - Zhong Shanshan taipan asal China pada Kamis (31/12/2020) menjadi orang terkaya di Asia dengan kekayaan total mencapai 77,8 miliar dollar AS (Rp 1 kuadriliun).

Kemudian menurut indeks miliarder Bloomberg, pria 65 tahun itu adalah orang terkaya ke-11 di dunia sekarang.

"Ini salah satu peningkatan kekayaan tercepat dalam sejarah," kata laporan itu, yang menunjukkan pundi-pundi uang Zhong melonjak hingga 7 miliar dollar AS (Rp 98 triliun) tahun ini.

Baca juga: Kuasai Vaksin dan Air, Pria ini Jadi Orang Terkaya Terbaru di Asia

Dilansir dari Anadolu Agency, berikut adalah 5 fakta Zhong Shanshan.

1. Menyalip Jack Ma dan Mukesh Ambani

Dengan tambahan pundi-pundi uangnya, Zhong Shanshan berhasil melompati kekayaan Mukesh Ambani dari India dan Jack Ma sesama warga China.

Alibaba yang dimiliki Jack Ma sedang diselidiki atas klaim monopoli dagang. Sementara afiliasinya, Ant Group, memblokir daftar pasar saham bumper-nya pada November.

Kekayaan Jack Ma lalu turun dari 61,7 miliar dollar AS (Rp 866 triliun) pada Oktober, menjadi 51,2 miliar dollar AS (Rp 718 triliun).

Sementara itu kekayaan Mukesh Ambani meski melonjak 18,3 miliar dollar AS (Rp 256 triliun) menjadi 76,9 miliar dollar AS, masih kalah dari Zhong Shanshan.

Pengusaha asal India itu makin makmur setelah membuat kesepakatan untuk mengubah konglomerat Reliance Industries, menjadi raksasa teknologi dan e-commerce.

Baca juga: Profil Zhong Shanshan, Orang Terkaya Baru di Asia yang Geser Jack Ma

2. Dari reporter hingga melantai di bursa saham

Melansir BBC pada Kamis (31/12/2020), karier pria yang dijuluki Lone Wolf (Serigala Penyendiri) ini merambah mulai dari sektor jurnalisme, pertanian jamur dan perawatan kesehatan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X