Sinterklas Positif Covid-19 Datang, 26 Lansia di Panti Jompo Meninggal

Kompas.com - 01/01/2021, 22:26 WIB
Ilustrasi Sinterklas. DPA/ROEBIN UTRECHT via DW INDONESIAIlustrasi Sinterklas.

MOL, KOMPAS.com - Sedikitnya 26 penghuni sebuah panti jompo di Belgia utara telah meninggal sejak kunjungan seorang yang berpakaian seperti Sinterklas. Media setempat melaporkan hari Kamis (31/12/2020), sang Sinterklas belakangan dinyatakan positif Covid-19.

Seorang pejabat kesehatan lokal mengatakan kepada kantor berita AFP, wabah itu terdeteksi beberapa hari setelah kunjungan seorang Sinterklas di panti jompo Hemelrijck di distrik Mol. Ahli virologi kemudian mengatakan, mereka yang terinfeksi berasal dari sumber yang sama.

Hingga saat ini 85 orang dinyatakan positif Covid-19, bersama dengan 40 staf panti jompo itu. Sebanyak 26 orang yang terinfeksi Covid-19 sudah meninggal.

Baca juga: Sinterklas yang Positif Covid-19 Berkunjung ke Panti Jompo, 18 Lansia Meninggal Terinfeksi

Penghuni panti jompo di Belgia.REUTERS/YVES HERMAN via DW INDONESIA Penghuni panti jompo di Belgia.
Sinterklas tidak tahu dia terinfeksi Covid-19

Pemeran Sinterklas yang mengenakan kostum jubah merah dan janggut putih mengunjungi panti jompo Hemerijck pada 5 Desember lalu. Secara tradisional warga di Belgia dan negara lain di Eropa merayakan "Hari Sinterklas" pada 6 Desember.

Panti jompo memang diketahui menjadi lokasi pemicu penyebaran infeksi Covid-19. Lebih setengah dari korban Covid-19 yang meninggal di Belgia adalah penghuni panti jompo.

Juru bicara dinas kesehatan regional Joris Moonen mengatakan, tidak ada indikasi bahwa relawan Sinterklas itu tahu dia terinfeksi Covid-19 ketika datang ke panti tersebut, yang berpenghuni lebih 140 orang.

Baca juga: Surat untuk Sinterklas Pertama Ditemukan di Inggris Ditulis Pada 1895 oleh Seorang Gadis

DW INDONESIA Data kasus COVID-19 harian per satu juta penduduk di beberapa negara di dunia
Lebih setengah kasus kematian corona di Belgia penghuni panti jompo

Selanjutnya Joris Moonen menerangkan, aparat berwenang belum melakukan pengusutan terkait penyebaran infeksi yang mengakibatkan kematian itu, jika tidak ada pengaduan yang diajukan oleh pihak korban.

Distrik Mol dan panti Hemerijck telah membentuk komite penanganan krisis untuk membantu staf, penduduk, dan kerabat mengatasi " periode yang sulit ini", tambahnya.

Belgia adalah salah satu negara dengan jumlah kematian Covid-19 per kapita tertinggi di dunia. Dengan jumlah penduduk 11,5 juta orang, Belgia mencatat 19.411 kasus kematian, di antaranya 11.066 kematian panghuni panti jompo.

Baca juga: Sinterklas Misterius Bagi-bagi Voucher Total Rp 1 Miliar, Ada Puisinya Juga

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X