Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Varian Baru Virus Corona, Arab Saudi Larang Penerbangan Internasional Sepekan

Kompas.com - 21/12/2020, 08:30 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan larangan penerbangan internasional selama sepekan, setelah muncul varian baru virus corona.

Jalur masuk ke negara petrodollar melalui darat maupun laut juga ditutup, dengan masa penutupan bisa diperpanjang selama sepekan berikutnya.

Baca juga: Muncul Varian Baru Virus Corona di Inggris, Eropa Ramai-ramai Tutup Perbatasan

Keputusan itu diambil Riyadh setelah varian baru virus corona mulai merebak di Eropa, terutama Inggri yang mengalami lonjakan kasus positif.

Kantor berita SPA memberitakan, Arab Saudi bakal mengizinkan penerbangan internasional memasuki negaranya jika terjadi kondisi khusus.

Warga Saudi yang baru kembali dari Eropa atau negara berisiko lainnya sejak 8 Desmeber diperintahkan mengisolasi diri selama dua pekan.

Dilansir Arab News Minggu (20/12/2020), mereka diperintahkan menjalani tes Covid-19, dan harus mengulanginya lagi lima hari kemudian.

Kebijakan ini juga berlaku bagi mereka yang penerbangannya sempat singgah di Eropa atau negara berisiko lain selama tiga bulan terakhir.

Arab Saudi menerangkan, bagi negara yang tak terdampak varian baru virus corona, perdagangan akan tetap berlangsung seperti biasa.

Musuh besar Iran di Timur Tengah ini menjelaskan, mereka akan memberikan informasi terbaru sesuai dengan perkembangan Covid-19.

Baca juga: Mengenal Mutasi dan Penularan Varian Baru Virus Corona, Apa Bedanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com