Trump vs Biden: Aneka Skenario Kemenangan Tunggu Pembuktian Hasil Pemilu

Kompas.com - 04/11/2020, 14:35 WIB
Donald Trump vs Joe Biden di Pemilu Presiden AS 2020 SHUTTERSTOCK/SMD90Donald Trump vs Joe Biden di Pemilu Presiden AS 2020

KOMPAS.com—Ada beragam situasi yang membuat Pemilu Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) pada Selasa (3/11/2020) waktu setempat akan memunculkan perubahan peta politik. Pandemi Covid-19, salah satunya. 

Selain itu, perubahan demografi di sejumlah negara bagian pun diprediksi akan mempengaruhi hasil akhir. Misalnya, kelompok minoritas yang makin banyak mengenyam pendidikan universitas dan bermigrasi ke kawasan suburban.

Baca juga: Serba-serbi Sistem Pemilu Presiden AS

Ada sejumlah skenario yang diperkirakan dapat terjadi untuk keunggulan Donald Trump ataupun Joe Biden dengan beragam perubahan situasi ini. 

Buat catatan, penentu kemenangan laga Trump dan Biden bukan lagi negara-negara bagian dengan poin electoral votes besar seperti California (55 poin) yang pasti dikuasai Demokrat. 

Penentu hasil Pilpres AS dari masa ke masa adalah negara-negara bagian yang disebut sebagai swing state, bahkan bila poin yang diperebutkan tak lebih dari 5. 

Baca juga: Peta dan Analisis Swing State di Pemilu Presiden AS 2020

Saat ini, proses pemungutan suara rakyat pemilik hak pilih (popular vote) sudah rampung. Perhitungan suara sudah dimulai.

Hasil dari proses ini akan menentukan suara mayoritas rakyat di setiap negara bagian. Kecuali di Nebraska dan Maine, kemenangan kandidat di popular vote akan menentukan seketika hasil electoral vote di negara bagian masing-masing, dalam sistem yang menerapkan prinsip winner takes all.

Adapun di Nebraska dan Maine, electoral vote diberikan secara proporsional kepada para kandidat sesuai hasil popular vote.  

Proyeksi dan skenario lengkap untuk Trump dan Biden dapat dibaca di JEO Kompas.com Trump vs Biden, Siapa Bakal Menangi Pilpres AS 2020?

Berikut ini sejumlah skenario bagi kedua kandidat di Pilpres AS 2020 untuk dapat mengumpulkan sekurangnya 270 electoral vote kemenangan. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X