Update Gempa Turki-Yunani, 28 Orang Tewas, 831 Orang Luka-luka

Kompas.com - 31/10/2020, 19:31 WIB
Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer. DHA via APBangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer.

IZMIR, KOMPAS.com - Tim penyelamat pada Sabtu (31/10/2020) membongkar balok beton dan puing-puing delapan bangunan yang runtuh untuk menyelamatkan korban pasca gempa kuat yang melanda lepas pantai Aegean Turki dan utara Pulau Samos.

Update jumlah korban jiwa terbaru sebanyak 28, meningkat 6 orang dari sebelumnya 22 korban. Ada pun sebanyak kurang lebih 800 orang lainnya mengalami luka-luka.

Gempa yang terjadi pada Jumat sore (30/10/2020) waktu setempat telah merobohkan bangunan di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki, dan memicu tsunami kecil di distrik Seferihisar dan Samos. Gempa susulan juga dikabarkan terjadi.

Baca juga: Pasca-gempa di Turki, Orang-orang Berharap Anggota Keluarganya Selamat

Melansir Associated Press (AP) setidaknya ada 26 orang terbunuh akibat bencana itu di Izmir menurut Menteri Kesehatan Fahrettin Koca dalam kicauannya di Twitter.

Di antara korban itu, terdapat seorang wanita lansia yang tewas tenggelam.

Kepemimpinan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan sebanyak 831 orang terluka di Izmir dan 3 provinsi lainnya. Sementara menteri kesehatan mengatakan 25 dari mereka dalam perawatan intensif.

Ada pun 2 remaja yang tewas di Samos dikabarkan karena tertimpa tembok yang runtuh. Sedikitnya 19 orang terluka di pulau itu, dengan 2, termasuk seorang anak berusia 14 tahun, diterbangkan ke Athena dan 7 orang lainnya dirawat di rumah sakit di pulau itu, kata otoritas kesehatan.

Baca juga: Gempa Turki, BMKG: Indonesia juga Rawan, 2 Mitigasi Bisa Dilakukan Masyarakat

Tsunami kecil yang melanda pantai Turki juga memengaruhi Samos, dengan air laut membanjiri jalan-jalan di kota pelabuhan utama Vathi.

Pihak berwenang memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari pantai dan dari bangunan yang berpotensi rusak.

Gempa bumi, yang menurut Kandilli Institute yang berbasis di Istanbul bermagnitudo 7 berpusat di Aegean timur laut Samos. AFAD mengatakan gempa itu mencapai kedalaman sekitar 16 kilometer.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X