Pasca-gempa di Turki, Orang-orang Berharap Anggota Keluarganya Selamat

Kompas.com - 31/10/2020, 13:39 WIB
Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer. DHA via APBangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer.

KOMPAS.com - Salah satu daerah yang terdampak gempa bumi, Bayrakli di Izmir, Turki, adalah wilayah yang baru saja dikembangkan pada awal 2000-an.

Di sana terdapat perumahan kelas menengah dan gedung-gedung perkatoran yang megah.

Namun, gempa yang mengguncang pada Jumat (30/10/2020) sore waktu setempat membuat sedikitnya 20 bangunan di wilayah tersebut kolaps.

Tak hanya di Turki, gempa berkekuatan magnitudo 7 yang berpusat dari Laut Agean tersebut juga mengguncang Yunani, tepatnya di Pulau Samos.

Sedikitnya 22 orang meninggal dilaporkan di Turki dan Yunani akibat bencana alam tersebut sebagaimana dilansir dari CNN.

Baca juga: Sedikitnya 22 Orang Tewas dalam Gempa Bumi di Turki dan Yunani

Sky News melaporkan petugas kepolisian memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari daerah yang tertutup. Ditakutkan gempa susulan akan terjadi dan menyebabkan keruntuhan lebih lanjut.

Beberapa korban selamat mulai mengemasi barang-barang mereka ke dalam mobil untuk mengungsi ke rumah keluarga terdekat atau ke tempat lain.

Sementara itu, ada beberapa keluarga yang memilih untuk tetap tinggal di dalam mobil dan bermalam di lokasi sebagaimana dilansir dari Sky News.

Semua orang tampak takut untuk kembali ke dalam rumah mereka, terutama mereka yang tinggal di dekat daerah yang mengalami kerusakan paling parah.

Salah seorang wanita duduk dengan lemas di sebuah kursi lipat. Dia khawatir putrinya, Elif Inan (9), tertimbun puing-puing bangunan yang kolaps karena gempa.

Baca juga: Gempa M 7 Guncang Turki, 4 Tewas dan 120 Luka-luka

Halaman:

Sumber CNN,Sky News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X