Sedikitnya 22 Orang Tewas dalam Gempa Bumi di Turki dan Yunani

Kompas.com - 31/10/2020, 09:42 WIB
Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer. DHA via APBangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer.

ISTANBUL, KOMPAS.com - Sedikitnya 22 orang meninggal dilaporkan di Turki dan Yunani akibat gempa dahsyat yang mengguncang Laut Aegean pada Jumat sore (30/10/2020), yang membuat gedung-gedung ambruk dan berpotensi menimbulkan "tsunami kecil".

Pejabat setempat mengatakan 20 orang tewas di daerah pesisir di barat Turki, yang mana di antaranya adalah 2 remaja laki-laki dan perempuan yang tewas di Pulau Samos, Yunani akibat tertimpa tembok yang runtuh.

Di Turki, setidaknya ada 20 bangunan yang hancur di kota Izmir saja, kata Wali kota Tunc Soyer seperti yang dilansir dari CNN pada Jumat (30/10/2020).  

Di gambarkan wilayah sekitar Izmir terdapat kendaraan-kendaraan yanghancur di bawah bangunan yang runtuh dan para pihak berusaha menggali reruntuhan untuk mencari orang-orang yang terperangkap.

Setidaknya 786 orang terluka di Turki, kata badan bencana negara itu. Puluhan orang diselamatkan oleh tim penyelamat menggunakan alat penggali dan helikopter untuk mencari korban.

Badan bencana negara juga menyebutkan terdapat sebanyak 196 gempa susulan telah tercatat, 23 di antaranya lebih dari 4,0 magnitudo.

Operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut di 17 bangunan, empat di antaranya runtuh, kata Murat Kurum, Menteri Lingkungan dan Urbanisasi Turki.

Baca juga: Gempa M 7 Guncang Turki, 4 Tewas dan 120 Luka-luka

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa di antara korban luka di Turki, 5 orang di antaranya sedang dioperasi dan 8 dalam perawatan intensif.

Rekaman TV menunjukkan air membanjiri jalan-jalan di Cesme dan Seferihisar, beberapa bagian provinsi Izmir Turki yang lebih luas, serta di pulau Samos, Yunani, yang oleh para pejabat digambarkan sebagai "tsunami mini". Namun, tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Idil Gungor, yang bekerja sebagai jurnalis dan mengelola wisma di kota Si?acik Turki di provinsi Izmir, mengatakan bahwa daerah itu lebih rusak oleh kekuatan air daripada gempa itu sendiri.

Halaman:

Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X