Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2020, 16:21 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Akibat pandemi virus corona, cuci tangan kini menjadi hal penting dalam keseharian. Pembersihan tubuh secara baik juga bagian dari ritualitas agama.

Dalam masa pandemi Covid-19, mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh merupakan salah satu langkah terpenting untuk meredam penyebaran virus SARS-Cov2.

Namun, bukan hanya dari sudut pandang higienis, perlu diperhatikan bagaimana teknik mencuci tangan yang benar.

Dikutip dari kantor berita KNA, menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan juga sangat penting sebagai bagian dari tindakan ritual dalam agama.

Dalam Yudaisme, mencuci tangan awalnya memiliki makna ritual seperti yang dikatakan Rabi Zsolt Balla.

Baca juga: Bikin Mesin Cuci Tangan, Bocah asal Kenya Ini Raih Penghargaan Presiden

"Mencuci tangan telah menjadi topik dalam Yudaisme selama 3.000 tahun," kata Balla.

"Pagi hari dimulai dengan mencuci tangan. Siapa pun yang makan roti juga harus membersihkan diri dengan cara ini sebelumnya. Selain itu, pengunjung sinagoge dan kuburan juga harus mencuci tangan," sambung Balla.

Rabi itu menekankan bahwa ketika mencuci tangan, perlu dibedakan antara ritual dan kebersihan karena kebersihan bukanlah tujuan awal dari mencuci tangan.

Tujuan awal mencuci tangan murni merupakan aksi spiritual. Namun, ritual sering mencuci tangan itu kini juga merupakan "bagian praktis" terkait kebersihan.

Baca juga: Ingatkan Cuci Tangan, Pikotaro Ubah Lirik Lagu Pen Pineapple Apple Pen

Wajib melindungi tubuh dan mental

Dengan mencuci tangan, kaum Yahudi dapat melindungi diri mereka dari penyakit serius di masa lalu. Dalam kitab keempat Musa, orang Yahudi diperintahkan untuk melindungi kesehatan fisik dan mental mereka.

Oleh karena itu, menurut Balla, bahkan di saat krisis corona menyergap, bagi umat Yahudi sudah menjadi kewajiban untuk melindungi kesehatan sendiri yaitu dengan menggunakan sabun dan desinfektan dalam mencuci tangan, selain dengan air.

Dalam Islam, berwudu sebelum salat lima waktu adalah kewajiban bagi umat. Alquran mengatur pembersihan tangan sebagai "wudu kecil", juga dalam membersihkan wajah, kepala dan lengan sampai ke siku dan kaki.

Para ulama bahkan menambahkan bagian tubuh lain seperti mulut, hidung dan telinga, berdasarkan banyak tradisi kenabian. Penyimpanan air menjadi bagian sentral dari setiap masjid. 

Wudu menghapuskan “cemaran kecil" yang muncul dari menyentuh kulit lawan jenis, tidur atau buang air. Selain itu, juga untuk membersihkan diri dari “najis besar", misalnya setelah berhubungan seksual, yang membutuhkan "pembasuhan secara menyeluruh" pada seluruh tubuh, atau mandi junub.

Peraturan membersihkan tubuh ini berkontribusi secara signifikan terhadap meluasnya penggunaan tempat pemandian umum di dunia Islam.

Baca juga: Viral Video Tulisan Cuci Tangan di Langit Australia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com