Misteri Terowongan Bawah Tanah London, Peninggalan Perang Dingin yang Tak Pernah Diungkap

Kompas.com - 22/10/2020, 21:08 WIB
Ilustrasi terowongan bawah tanah. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAIlustrasi terowongan bawah tanah.

LONDON, KOMPAS.com - Terowongan bawah tanah misterius di Inggris telah menggelitik rasa ingin tahu banyak orang selama puluhan tahun. Namun, hingga baru-baru ini, pihak berwenang selalu menutup-nutupi keberadaannya.

Pada 2017, data yang diterbitkan Land Registry (lembaga yang mendata kepemilikan lahan dan properti di Inggris) mengungkap keberadaan jaringan dan jalur telekomunikasi sepanjang empat juta kilometer di bawah kota London, banyak di antaranya diam-diam dibangun oleh Kantor Pos, British Telecom, dan Kementerian Pertahanan.

Ini adalah kapsul waktu yang sungguh menakjubkan.

Baca juga: Kisah Misteri: Benarkah Cleopatra Bunuh Diri dengan Ular?

Sistem terowongan dan ruang bawah tanah era Perang Dingin yang misterius dan jumlahnya ratusan ini, telah menggelitik rasa ingin tahu banyak orang selama beberapa dekade.

Namun, hingga baru-baru ini, pihak berwenang selalu merahasiakannya rapat-rapat. Banyak di antara terowongan itu milik Kementerian Pertahanan dan tidak pernah diketahui publik.

Pengungkapan yang paling menarik adalah terowongan rahasia Postmaster General di bawah jantung pemerintahan di 57 Whitehall.

Terowongan itu dibangun untuk melindungi mesin dan komunikasi dari ancaman bom atom selama Perang Dingin, dan bunker itu tembus ke ruang bawah tanah Kantor Perang Lama, yang pernah digunakan oleh Winston Churchill.

Pada tahun 2014, jaringan hotel Raffles membeli gedung seluas 54.000 meter persegi itu dari Kementerian Pertahanan seharga 350 juta poundsterling.

Baca juga: Kisah Perang: 7 Bunker Terbesar di Dunia, Ada Starbucks dan Bioskopnya

Dinamakan "The OWO", landmark kota London itu akan dibuka sebagai salah satu hotel termewah dunia pada tahun 2022.

Lebih dari 30 roda gigi dan selusin lift yang membentang dari daerah kelas pekerja East End hingga jantung Whitehall, menghubungkan terowongan Postmaster General ke jaringan bawah tanah rahasia, yang sebagian besar diam-diam menembus ke gedung-gedung pemerintah dan sentral telepon.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X