John Chardon Terpidana Kematian Istri asal Surabaya Meninggal di Penjara

Kompas.com - 22/10/2020, 20:48 WIB
John Chardon, terpidana kasus kematian istrinya Novy, meninggal dalam penjara di Brisbane setelah mengalami kesulitan pernapasan. Pria berusia 73 tahun ini divonis bersalah tahun lalu atas kematian Novy, wanita asal Surabaya. AAP IMAGE/DAN PELED via ABC INDONESIAJohn Chardon, terpidana kasus kematian istrinya Novy, meninggal dalam penjara di Brisbane setelah mengalami kesulitan pernapasan. Pria berusia 73 tahun ini divonis bersalah tahun lalu atas kematian Novy, wanita asal Surabaya.

BRISBANE, KOMPAS.com - John William Chardon (73), terpidana kasus kematian wanita asal Indonesia Novy Chardon, meninggal dalam penjara di Brisbane, Rabu (21/10/2020) malam, akibat serangan jantung.

Ia divonis hukuman 15 tahun penjara di tahun 2019, setelah terbukti bersalah atas kematian Novy setelah sebelumnya ia bersikeras jika istrinya sengaja menghilang.

Jutawan asal Brisbane ini berstatus duda saat menikahi Novy yang usianya berjarak hampir setengahnya.

Baca juga: Demo Thailand Masih Berjalan, Ini Imbauan Kemenlu untuk WNI di Bangkok

Rumah tangga mereka mengalami masalah terkait urusan perceraian dan hak asuh kedua anak mereka dan pada Februari 2013, Novy dilaporkan hilang.

Meskipun jasad Novy tak pernah ditemukan, namun John divonis bersalah atas kematian istrinya itu pada 9 September 2019, setelah menjalani persidangan selama tiga minggu.

Rekaman kamera CCTV di sebuah pompa bensin di daerah Upper Coomera menunjukkan Novy Chardon pada malam dia dilaporkan menghilang di Queensland, 6 Februari 2013. QUEENSLAND POLICE SERVICE via ABC INDONESIA Rekaman kamera CCTV di sebuah pompa bensin di daerah Upper Coomera menunjukkan Novy Chardon pada malam dia dilaporkan menghilang di Queensland, 6 Februari 2013.
John sempat dibawa ke klinik penjara dan mendapatkan penanganan dari tenaga medis selama 30 menit sebelum akhirnya meninggal dunia.

Juru bicara Lembaga Pemasyarakatan Queensland menyatakan John meninggal setelah mengalami "insiden medis".

Baca juga: Suka Duka Penyewa Rumah Asal Meksiko di Australia: Negaramu Tak Masuk Daftar

"Pria ini dibawa ke klinik kesehatan dalam penjara dan mengalami kesulitan pernapasan sebelum kondisinya menurun drastis," kata juru bicara tersebut.

Novy berusia 34 tahun ketika menghilang dari rumah pasangan suami-istri ini di daerah Upper Coomera pada 6 Februari 2013, beberapa jam setelah John menerima surat dari pengacara Novy.

Dalam sidang pengadilan, John menyatakan tidak bersalah atas dakwaan pembunuhan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X