Paus Dukung Legalitas Ikatan Sipil Sesama Jenis, Ini Reaksi Filipina

Kompas.com - 22/10/2020, 20:52 WIB
ILUSTRASI pernikahan sesama jenis. (shutterstock) shutterstock Fotos593ILUSTRASI pernikahan sesama jenis. (shutterstock)

MANILA, KOMPAS.com - Dukungan Paus Fransiskus terhadap legalitas ikatan sipil sesama jenis menuai reaksi beragam pada Kamis (22/10/2020) di Filipina.

Filipina, benteng Katolik di Asia memberi reaksi kontra terhadap keputusan sang Paus dengan seorang uskup mengatakan dia tersinggung atas keputusan tersebut.

Sementara kelompok uskup keberatan, kelompok LGBT menyambut lega keputusan kontroversial itu.

Melansir Associated Press (AP) Juru bicara Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan bahwa pemimpin Filipina telah lama menyatakan dukungannya kepada pernikahan sesama jenis, tetapi menambahkan hal itu perlu melalui Kongres.

Baca juga: Paus Fransiskus secara Gamblang Dukung Serikat Sipil untuk LGBT

Pensiunan Uskup Sorsogon Arturo Bastes mengatakan dia "memiliki keraguan yang sangat serius tentang kebenaran moral" dari posisi Paus.

Dia mengatakan itu bertentangan dengan ajaran gereja lama, yang secara eksplisit hanya mengizinkan persatuan pria dan wanita baik dalam perserikatan sipil, hukum atau sakramental gereja.

"Ini adalah pernyataan mengejutkan yang datang dari Paus," kata Bastes kepada wartawan melalui pesan telepon seluler.

"Saya benar-benar tersinggung dengan pembelaannya terhadap persatuan sesama jenis, yang pasti mengarah pada tindakan amoral."

Baca juga: Pertama Kalinya, Paus Fransiskus Pakai Masker di Depan Umum

Setidaknya tiga uskup lain menyatakan ketidakpercayaannya, dengan mengatakan mereka akan memverifikasi apakah itu posisi resmi Vatikan dan apakah paus dikutip secara akurat dalam konteksnya dalam sebuah dokumenter, di mana dia membuat pernyataan itu.

“Ini hanya film dokumenter jadi tidak resmi dan harus diverifikasi terlebih dahulu,” kata Uskup Balanga Ruperto Santos, menambahkan mungkin saja ada perubahan penyuntingan atau dokumenter itu “hanya untuk propaganda sehingga bisa dibicarakan atau dilindungi.”

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X