Singapura Akan Mulai Vaksin Warga dari Covid-19 pada 2021

Kompas.com - 21/10/2020, 17:00 WIB
MRT Singapura dipadati penumpang yang memakai masker terlihat melintas di jalur Timur-Barat di Stasiun Tanjong Pagar, Selasa siang (21/10/2020) KOMPAS.com/ ERICSSEN MRT Singapura dipadati penumpang yang memakai masker terlihat melintas di jalur Timur-Barat di Stasiun Tanjong Pagar, Selasa siang (21/10/2020)

SINGAPURA, KOMPAS.com – Pemeirntah Singapura mengumumkan rencana untuk mulai melakukan vaksinasi warganya dari pandemi Covid-19, tepatnya pada 2021.

“Prioritas vaksinasi akan diberikan kepada warga yang lebih rawan tertular misalnya penduduk lansia dan pekerja medis,” kata Kementerian Kesehatan (MOH) pada Selasa (20/10/2020).

Baca juga: 4 WNI Ditangkap Gara-gara Berenang ke Singapura

Belum diketahui pasti vaksin manakah yang akan dipakai. Tidak disebutkan juga spesifik bulan berapakah vaksinasi akan dimulai.

Namun vaksin tersebut diprediksi akan sampai ke tangan Singapura paling cepat akhir tahun ini.

“Kita telah mengumpulkan panel dokter dan ilmuwan untuk memberikan pandangan dan petunjuk vaksin mana yang akan dipakai Singapura.” tutur Kenneth Mak, Direktur Pelayanan Kesehatan di MOH.

Mak melanjutkan banyak dari kandidat vaksin baru akan menyelesaikan uji klinis tahap 3 pada akhir tahun ini sehingga rencana vaksinasi lebih masuk akal untuk dilakukan tahun depan.

Menteri Kesehatan Gan Kim Yong menyambung pernyataan Mak menekankan pentingnya bagi Singapura untuk mempertimbangkan sejumlah pilihan vaksin jika satu di antaranya gagal.

Faktor lain yang juga akan dipertimbangkan adalah berapa banyakah ketersediaan vaksin dan harga dari vaksin.

Sejauh ini menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), tercatat 44 kandidat vaksin yang sedang menjalani uji klinis termasuk Lunar-CoV-19 yang diproduksi di Singapura.

Baca juga: Singapura Hentikan Pendaftaran Pasien Uji Coba Obat Antibodi Covid-19

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X