Singapura Hentikan Pendaftaran Pasien Uji Coba Obat Antibodi Covid-19

Kompas.com - 20/10/2020, 20:33 WIB
Ilustrasi obat Covid-19. Terapi obat antibodi untuki pengobatan Covid-19. SHUTTERSTOCK/PCPartStudioIlustrasi obat Covid-19. Terapi obat antibodi untuki pengobatan Covid-19.

KOMPAS.com - Pusat Penyakit Menular Nasional (NICD) Singapura memutuskan menghentikan sementara pendaftaran pasien Covid-19 untuk uji coba obat antibodi dari perusahaan farmasi asal Amerika, Eli Lilly.

Sebelumnya, NCID mengumumkan telah siap mendaftarkan pasien-pasien pertamanya dalam uji coba pada 6 Oktober.

Namun, Eli Lilly mengatakan harus menunda sementara uji coba tahap akhir dari obat virus corona bernama Activ-3 yang tengah dikembangkannya minggu lalu.

Pihak perusahaan tidak mengungkapkan detail alasan keamanan yang menjadi pertimbangan penundaan itu.

"Menindaklanjuti instruksi dari dewan pengawas keamanan Activ-3, NCID segera menghentikan sementara pendaftaran pasien baru Covid-19 untuk uji coba," kata NCID sebagaimana dikutip The Straits Times, Senin (19/10/2020).

Baca juga: Diklaim Aman, Vaksin Corona CNBG China Ditawarkan Gratis bagi Pelajar

Kelanjutan uji coba

Penundaan ini tidak berdampak pada perawatan pasien Covid-19 yang telah didaftarkan dalam uji coba.

Sejauh ini, satu pasien di Singapura telah berpartisipasi dalam penelitian tersebut dan berada dalam kondisi yang baik.

NCID menambahkan, Dewan Pengawas Keamanan tengah meninjau data penelitian secara lebih lanjut untuk dapat menyimpulkan apakah uji coba dapat dilanjutkan dengan aman dalam beberapa minggu ke depan.

Pihaknya berencana mendaftarkan 100 pasien lokal dalam penelitian itu.

Pada 8 Oktober, mereka mengatakan akan mendaftarkan pasien Covid-19 yang memiliki pneumonia atau pasien berisiko tinggi berusia di atas 45 tahun dan memiliki masalah-masalah kesehatan kronis seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X