Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Singapura Akan Mulai Vaksin Warga dari Covid-19 pada 2021

“Prioritas vaksinasi akan diberikan kepada warga yang lebih rawan tertular misalnya penduduk lansia dan pekerja medis,” kata Kementerian Kesehatan (MOH) pada Selasa (20/10/2020).

Belum diketahui pasti vaksin manakah yang akan dipakai. Tidak disebutkan juga spesifik bulan berapakah vaksinasi akan dimulai.

Namun vaksin tersebut diprediksi akan sampai ke tangan Singapura paling cepat akhir tahun ini.

“Kita telah mengumpulkan panel dokter dan ilmuwan untuk memberikan pandangan dan petunjuk vaksin mana yang akan dipakai Singapura.” tutur Kenneth Mak, Direktur Pelayanan Kesehatan di MOH.

Mak melanjutkan banyak dari kandidat vaksin baru akan menyelesaikan uji klinis tahap 3 pada akhir tahun ini sehingga rencana vaksinasi lebih masuk akal untuk dilakukan tahun depan.

Menteri Kesehatan Gan Kim Yong menyambung pernyataan Mak menekankan pentingnya bagi Singapura untuk mempertimbangkan sejumlah pilihan vaksin jika satu di antaranya gagal.

Faktor lain yang juga akan dipertimbangkan adalah berapa banyakah ketersediaan vaksin dan harga dari vaksin.

Sejauh ini menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), tercatat 44 kandidat vaksin yang sedang menjalani uji klinis termasuk Lunar-CoV-19 yang diproduksi di Singapura.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/21/170030170/singapura-akan-mulai-vaksin-warga-dari-covid-19-pada-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke