Armenia Luncurkan Rudal ke Kota Ganja di Azerbaijan, 6 Warga Sipil Tewas

Kompas.com - 17/10/2020, 08:22 WIB
Sukarelawan dan warga mencoba mengevakuasi korban di Kota Ganja, Azerbaijan, akibat diserang rudal oleh Armenia, Sabtu (17/10/2020). Twitter @HikmetHajiyevSukarelawan dan warga mencoba mengevakuasi korban di Kota Ganja, Azerbaijan, akibat diserang rudal oleh Armenia, Sabtu (17/10/2020).

BAKU, KOMPAS.com – Setidaknya enam warga sipil tewas, termasuk dua anak-anak, dan 35 lainnya terluka setelah Armenia menyerang kota terbesar kedua Azerbaijan, Kota Ganja, dengan serangan rudal.

“Warga sipil terus diselamatkan dari puing-puing kehancuran oleh layanan darurat,” kata Asisten Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Hikmet Hajiyev, di Twitter pada Sabtu (17/10/2020).

Dia menambahkan serangan tersebut adalah serangan rudal yang disengaja dan tidak pandang bulu terhadap warga sipil sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency.

"Serangan rudal berbahaya dan kejam dari Armenia terhadap warga sipil di Ganja adalah tanda kelemahan dan keputusasaan kepemimpinan politik-militer Armenia dalam menghadapi kekalahannya di medan pertempuran," sambung Hajiyev.

Baca juga: Menlu AS: Armenia Harus Dapat Membela Dirinya Sendiri dari Azerbaijan

Dia berujar Kementerian luar negeri Armenia berusaha menyangkal tanggung jawab Armenia atas kejahatan perang. Dia juga menekankan bahwa Ganja jauh dari zona pertempuran.

"Seruan tidak bermoral untuk gencatan senjata kemanusiaan harus dilihat dari kejahatan perang Armenia ini," imbuh Hajiyev.

Menurut Badan Nasional Pekerjaan Ranjau Azerbaijan (ANAMA), rudal yang ditembakkan ke Ganja pada awalnya diidentifikasi sebagai Rudal Balistik Operatif-Taktis SCUD/Elbrus.

Hajiyev menambahkan lebih dari 20 rumah hancur menurut laporan awal.

Baca juga: Turki Bantah Kerahkan Pasukan Suriah untuk Azerbaijan Perang di Nagorno-Karabakh

“Sistem rudal baru telah dibawa ke Armenia. Segera mereka mulai menyerang warga sipil di kota-kota Azerbaijan dengan cara yang berbahaya dan kejam,” kata Hajiyev dalam twit terpisah.

Azerbaijan juga melaporkan tentara Armenia juga melancarkan serangan rudal ke Mingachevir.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X