Kisah Perang: Di Rumput yang Coklat, Sepak Bola Bangkitkan Denyut Nadi Aleppo

Kompas.com - 13/10/2020, 13:00 WIB
Para pemain Al Ittihad dan Al Hurriya bertanding dalam laga Liga Suriah untuk kali pertama di Aleppo, Sabtu (28/1/2017). GEORGE OURFALIAN/AFPPara pemain Al Ittihad dan Al Hurriya bertanding dalam laga Liga Suriah untuk kali pertama di Aleppo, Sabtu (28/1/2017).

ALEPPO, KOMPAS.com - Kota Aleppo yang luluh lantak akibat kecamuk Perang Suriah mendapatkan denyut nadinya kembali, salah satunya melalui pertandingan sepak bola lokal.

Pada Akhir Januari 2017 Aleppo menggelar pertandingan sepak bola pertamanya dalam lima tahun terakhir.

Kala itu Al Ittihad bertanding dalam derbi sekota melawan Hurriya. Pertandingan dimenangkan tuan rumah dengan skor tipis 2-1.

Baca juga: Kisah Perang: 10 Film yang Jadi Senjata Propaganda, Sudah Nonton?

Tidak ada hujan gol yang terjadi, tapi Aleppo saat itu penuh dengan hujan keceriaan dan gegap gempita.

Kota yang bertahun-tahun diliputi kemurungan, kekhawatiran, dan berurai air mata usai wilayahnya terbagi antara tentara dengan pasukan pemberontak pada 2011, kembali bisa bergelak tawa riang.

Diberitakan BBC (29/1/2017), pemerintah Suriah mendapat kembali kendali penuh atas kota itu pada Desember 2016 melalui serangan besar.

Al Ittihad dan Hurriya bermain di atas rumput kecoklatan dan lapuk karena musim dingin. Stadionnya rusak karena dibombardir senjata militer, tapi tidak mematahkan semangat menonton sepak bola layaknya kompetisi megah di tempat lain.

Baca juga: Kisah Perang: Momotaro, Anime yang Jadi Alat Propaganda Jepang di PD II

Menariknya, sisa-sisa perang masih terlihat di sekitar stadion. Ada spanduk Presiden Suriah Bashar Al Assad dan polisi dengan perlengkapan antihuru-hara berdiri di sekitarnya.

FIFA memang melarang stadion menjadi wahana atribut politik, tapi untuk kasus yang satu ini tampaknya menjadi pengecualian.

Penonton bersorak-sorai, menabuh genderang dan melambaikan bendera warna tim kesayangan mereka masing-masing.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X