Paus Fransiskus Bertemu dengan Kardinal George Pell yang Bebas dari Penjara

Kompas.com - 13/10/2020, 12:03 WIB
Paus Fransiskus saat memimpin Audiensi Umum mingguan di Saint Peters Square. Evandro InettiPaus Fransiskus saat memimpin Audiensi Umum mingguan di Saint Peters Square.

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus bertemu dengan Kardinal Australia George Pell pada Senin (12/10/2020), untuk pertama kalinya sejak dia dipenjara dan kemudian dibebaskan, atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak.

Paus Fransiskus, seorang pembela keras praduga tak bersalah ini, mengadakan audiensi pribadi dengan Pell, saat kembali ke Roma bulan lalu setelah pembebasannya, kata Vatikan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut seperti yang dilansir dari AFP pada Senin (12/10/2020).

Meski pun, reuni antara kepala Gereja Katolik Roma dan orang yang pernah ia tunjuk sebagai tsar antikorupsi tepercaya terjadi seperti yang diharapkan, tidak jelas apakah Pell akan dipercayakan dengan peran baru di Vatikan.

Pejabat senior mengatakan dia tidak dipanggil kembali oleh Paus Fransiskus, tetapi kembali atas kemauannya sendiri.

Baca juga: Santo Pelindung Internet Carlo Acutis Diberi Gelar Beato oleh Paus Fransiskus

Pertemuan itu "berjalan sangat baik!" kata seorang informan dari Pell, menurut harian Vatikan, La Stampa.

Kardinal telah diberi cuti panjang pada 2017 untuk kembali ke Australia dan membersihkan namanya dari tuduhan bahwa ia mencabuli 2 anak paduan suara pada 1990-an.

Pell dihukum pada Desember 2018 karena melakukan terhadap para anggota paduan suara ketika dia menjadi uskup agung Melbourne.

Dia dengan keras membantah tuduhan tersebut dan Pengadilan Tinggi di Australia membatalkan hukumannya pada April tahun ini setelah mendengar pengajuan banding keduanya.

Mantan bendahara Vatikan itu telah menghabiskan lebih dari satu tahun di penjara. Pertemuan tatap muka terakhirnya dengan Paus terjadi pada 27 Juni 2017.

Baca juga: Paus Fransiskus Sesalkan Gencatan Senjata yang Rapuh Antara Armenia dan Azerbaijan

Tatap mata

Pell (79 tahun), kembali ke Roma pada 30 September.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X