Muncul di Depat Capres AS, Siapa Sebenarnya Antifa dan Proud Boys?

Kompas.com - 30/09/2020, 16:59 WIB
Seorang pengunjuk rasa yang berasal dari kelompok Antifa ditangkap dalam pergerakan di Portland, Oregon, 17 Agustus 2019. Akhir pekan, Presiden Donald Trump mengumumkan Antifa akan dikategorikan sebagai teroris buntut demonstrasi memprotes kematian pria kulit hitam bernama George Floyd di Minneapolis. AFP PHOTO/JOHN RUDOFFSeorang pengunjuk rasa yang berasal dari kelompok Antifa ditangkap dalam pergerakan di Portland, Oregon, 17 Agustus 2019. Akhir pekan, Presiden Donald Trump mengumumkan Antifa akan dikategorikan sebagai teroris buntut demonstrasi memprotes kematian pria kulit hitam bernama George Floyd di Minneapolis.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Nama Proud Boys dan Antifa mengemuka dalam debat calon presiden (capres) Amerika Serikat ( AS) pada Selasa (29/9/2020) malam waktu setempat.

Capres petahana AS Donald Trump menyebut Proud Boys dalam pernyatannya. "Proud Boys mundur dan bersiaga," kata Trump.

Selain itu, Trump juga menyinggung organisasi Antifa sebagaimana dilansir dari BBC, Selasa.

“Tapi saya akan memberitahu Anda apa, seseorang harus melakukan sesuatu tentang Antifa dan (sayap) kiri karena ini bukan masalah sayap kanan... ini adalah masalah sayap kiri,” tambah Trump.

Sementara itu capres dari Partai Demokrat Joe Biden menjawab bahwa Antifa adalah sebuah ide, bukan sebuah organisasi.

Selama beberapa tahun terakhir, beberapa kelompok pinggiran telah terlibat dalam kekerasan bermotif politik di jalanan Amerika.

Jadi siapakah Proud Boys dan Antifa? Berikut profil singkat kedua nama tersebut sebagaimana dilansir dari BBC.

Baca juga: Momen Menarik Trump dan Biden Bersilat Lidah dalam Debat Pertama Pilpres AS 2020

Proud Boys

Proud Boys didirikan pada 2016 oleh aktivis sayap kanan berdarah Kanada-Inggris Gavin McInnes.

Kelompok ini adalah kelompok sayap kanan, anti-imigran, dan semuanya anggotanya adalah laki-laki dengan sejarah kekerasan jalanan terhadap lawan sayap kirinya.

Nama grup ini mengacu pada judul lagu Proud of Your Boy dalam film besutan Disney Aladdin.

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X