Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Presiden AS ke-39 Jimmy Carter Resmi Ajukan Laporan "Penampakan UFO"

Kompas.com - 18/09/2020, 17:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini 47 tahun lalu tepatnya pada tahun 1973, presiden Amerika Serikat (AS) ke-39 yang saat itu masih menjadi calon presiden, Jimmy Carter secara resmi mengajukan laporan penampakan UFO ke Komite Investigasi Nasional untuk Fenomena Udara (NICAP).

Melansir Inside Edition, sebelumnya, pada Oktober 1969, Carter meninggalkan sebuah acara penggalangan dana ketika dia melihat sebuah benda besar bersinar di langit.

Baca juga: Eks Pilot AL AS Klaim Bertemu UFO dan Ditantang Perang pada 2004

Penulis episode baru NASA's Unexplained Files yang disiarkan di Science Channel pada tahun 2016, William J Birnes, menjelaskan apa yang dilihat oleh Jimmy Carter saat itu.

"Ketika dia melihat ke atas, ke langit dan dia melihat sebuah obyek, itu lebih besar dari bulan. Dia berkata pada dirinya sendiri, 'Itu adalah hal paling mengerikan yang pernah saya lihat.'"

Tidak ada penjelasan yang masuk akal tentang apa yang dilihat Carter pada malam bulan Oktober itu, tetapi hal itu terus memenuhi pikirannya.

Baca juga: Selidiki UFO, Pentagon Buat Satgas Baru di Angkatan Laut AS

Selama kampanye kepresidenan Carter tahun 1976, dia mengungkit pertemuan UFO-nya. Dia berjanji bahwa jika dia terpilih, dia akan mendorong pemerintah untuk merilis "setiap informasi" tentang UFO kepada publik.

Sementara Carter yang kemudian memang memenangkan pemilihan, dia tidak berhasil menepati janjinya dengan mengatakan bahwa rilis dokumen tersebut akan menyebabkan "implikasi pertahanan" keamanan nasional.

Baca juga: Pohon Tumbang Misterius di Hutan Inggris, Diduga Bekas UFO Jatuh

Dalam wawancara tahun 2007 dengan CNN, Carter ditanyai tentang penampakan UFO-nya, dan dia menjawab,

"Sejauh yang kami ketahui, itu tidak teridentifikasi, tapi menurut saya tidak mungkin menurut saya, beberapa orang (juga) tidak setuju, ada makhluk luar angkasa dari planet lain atau bintang lain yang datang ke bumi. Saya pikir itu tidak mungkin."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com