Pemimpin Agung Iran Khamenei Sebut UEA Pengkhianat Dunia Islam dan Palestina

Kompas.com - 02/09/2020, 04:45 WIB
Ayatollah Ali Khamenei DW/TasnimAyatollah Ali Khamenei

TEHERAN, KOMPAS.com - Pemimpin agung Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan dalam pidatonya bahwa Uni Emirat Arab (UEA) mengkhianati dunia Islam dan Palestina dengan mencapai kesepakatan perjanjian normalisasi dengan Israel.

Palestina dengan keras menentang normalisasi dengan Israel, karena telah ada pembicaraan antarnegara teluk sebelumnya bahwa pembentukan negara Palestina merdeka tercapai, maka hubungan damai dengan Israel dilarang.

Dukungan Arab masa lalu itu adalah salah satu dari sedikit keuntungan Palestina dalam pembicaraan damai yang hampir mati dengan Israel, menurut laporan yang dilansir dari Al Jazeera pada Selasa (1/9/2020).  

Baca juga: Momen Bersejarah, Penerbangan Komersial Pertama Israel-UEA Mendarat di Abu Dhabi

Warga Palestina telah mengadakan protes publik dan membakar bendera UEA dengan marah.

"Tentu saja pengkhianatan UEA tidak akan berlangsung lama, tapi stigma ini akan selalu diingat. Mereka membiarkan rezim Zionis masuk ke wilayah tersebut dan melupakan Palestina," kata Khamenei. 

"Emirat akan dipermalukan selamanya...Saya berharap mereka bangun dan memberi kompensasi atas apa yang mereka lakukan," tambahnya.

Baca juga: Penasihat Sekaligus Menantu Trump, Jared Kushner Puji Kesepakatan Damai Israel-UEA

Otoritas Iran telah dengan keras mengkritik kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat antara UEA dan musuh lama Teheran, Israel.

Beberapa pejabat Iran secara terang-terangan memperingatkan UEA dan Israel yang membina hubungan lebih dekat, berisiko menimbulkan ketegangan besar di Timur Tengah.

Seorang pejabat Emirat tidak setuju dengan komentar Khamenei.

Baca juga: Menantu Donald Trump Akan Jadi Orang Pertama yang Naik Penerbangan Komersial Israel-UEA

"Jalan menuju perdamaian dan kemakmuran tidak melalui hasutan dan ujaran kebencian," kata anggota pejabat kementerian luar negeri, Jamal al-Musharakh.

Halaman:

Sumber Al Jazeera
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X