Kompas.com - 17/08/2020, 07:00 WIB
Pihak keamanan melakukan penjagaan di sekitar Elite Hotel di Mogadishu, Somalia, setelah serangan yang dilakukan kelompok Al-Shabaab menewaskan 10 orang. Reuters via BBCPihak keamanan melakukan penjagaan di sekitar Elite Hotel di Mogadishu, Somalia, setelah serangan yang dilakukan kelompok Al-Shabaab menewaskan 10 orang.

MOGADISHU, KOMPAS.com - Serangan mematikan dilaporkan dilakukan oleh kelompok milisi Al-Shabaab di Elite Hotel di Mogadishu, Somalia, dengan 10 orang tewas.

Pasukan khusus negara di Afrika Timur itu menyatakan, mereka berhasil mengakhiri insiden yang berlokasi di kawasan pantai Lido.

Kelompok penyerang awalnya meledakkan bom mobil di luar Elite Hotel pada Minggu (16/8/2020), sebelum merangsek masuk dan mengambil sandera.

Baca juga: Pangkalan Militer Somalia Diguncang Ledakan, 8 Orang Tewas

Saksi mata mengungkapkan, ledakan bom mobil bisa terdengar hingga ke seluruh Mogadishu, dengan kepanikan terjadi karena orang berusaha menyelamatkan diri.

Pasukan khusus Somalia pun datang dan menyegel hotel, di mana mereka melakukan baku tembak dengan Al-Shabaab, dilansir BBC.

Empat jam kemudian, juru bicara pemerintah Ismael Mukhtaar Omar berkicau di Twitter bahwa penyerangan berakhir, dengan seluruh penyerang ditembak mati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain 10 korban tewas, tidak diketahui data berapa banyak dari kelompok milisi itu yang tertembus timah panas oleh militer Somalia.

Di antara korban tewas, terdapat pejabat senior dari kementerian informasi dan ofisial dari kementerian pertahanan. Puluhan orang disebut terluka.

"Mujahid melakukan operasi martir dan komando melawan hotel yang dipunyai kelompok tidak becus," jelas kelompok misi tersebut.

Situs berita Dhacdoone memberitakan, Elite Hotel merupakan satu dari sejumlah tempat dengan penjagaan terketat di Mogadishu.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.