Covid-19 di India telah Lampaui 2 Juta Kasus

Kompas.com - 07/08/2020, 20:50 WIB
Antrean warga di Delhi India. Kasus infeksi di daerah tersebut termasuk yang tinggi di India. shutterstockAntrean warga di Delhi India. Kasus infeksi di daerah tersebut termasuk yang tinggi di India.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Kasus positif Covid-19 sekarang di India telah lampaui 2 juta dengan 1 juta kasus terakhir telah dikonfirmasi dalam 20 hari, lebih cepat dari AS atau Brazil yang memiliki angka lebih tinggi.

Melansir BBC pada Kamis (6/8/2020), bersamaan dengan laporan peningkatan jumlah kasus tersebut, disebutkan pengujian Covid-19 juga meningkat pesat di India dalam beberapa minggu terakhir, tetapi situasinya bervariasi di seluruh negara bagian.

Baca juga: 8 Pasien Covid-19 di RS India Tewas karena Terbakar

Pengujian yang meningkat, tidak merata secara nasional karena beberapa negara bagian melakukan sebanyak 40.000 tes per juta orang, dan yang lain hanya sebanyak 6.000.

Jumlah kasus meningkat pesat, misalnya di negara bagian selatan Andhra Pradesh. Bulan lalu mengalami lonjakan kasus dan sekarang menyumbang beban kasus tertinggi ketiga di India.

Baca juga: Tegakkan Pencegahan Virus Corona, Venezuela Terapkan Hukuman Push Up sampai Kerja Bakti

Dipicu oleh tingkat kematian yang rendah, negara ini masih terus membuka kembali aktivitas normal, bahkan ketika pusat penyebaran virus corona baru mendorong lonjakan kasus.

India terus "membuka" aktivitas ekonominya sejak awal Juni, setelah lockdown yang berlangsung hampir dua bulan. Gym dan tempat kebugaran menjadi tempat usaha yang terakhir dibuka kembali.

Baca juga: Virus Corona Jadi Penyebab Korban Tewas akibat Ledakan di Lebanon Tidak Tinggi

Namun, beberapa negara bagian telah memberlakukan pembatasan.

Baru-baru ini, India membuat aturan yang diterapkan hingga tingkat daerah, yaitu menerapkan lockdown dan pembatasan aktivitas kota atau distrik tertentu secara bergilir.

India sekarang adalah negara ketiga yang memiliki jumlah kasus virus corona terbesar di seluruh dunia, hingga melewati 2 juta kasus atau persisnya menurut laporan BBC, yaitu 2.025.409. Angka tersebut didapat setelah terdapat laporan 62.170 kasus dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Media Asing Sorot Buruknya Penanganan Covid-19 di Indonesia: Dari Kalung Anti Corona sampai Ucapan Influencer

Sejauh ini, India telah melaporkan kematian sekitar 40.700 orang akibat virus corona. Meski itu adalah jumlah terbesar kelima di dunia, para ahli mengatakan itu tidak terlalu tinggi mengingat populasi negara itu 1,3 miliar.

Pemerintah, bagaimanapun, dituduh mengurangi angka kematian Covid-19 karena berbagai alasan, dari keterlambatan dalam pelaporan kasus, hingga aturan tentang bagaimana India menentukan apakah suatu kematian disebabkan oleh virus corona.

Baca juga: Virus Corona, Trump Bersikeras Kasus di AS Masih Rendah di Dunia


Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X