Kompas.com - 25/07/2020, 13:28 WIB

CHENGDU, KOMPAS.com - Para staf konsulat Amerika Serikat (AS) di Chengdu, China, mulai sibuk mengepak barang-barang mereka usai ditutupnya kantor itu.

Beijing memerintahkan penutupan konsulat AS di Chengdu pada Jumat (24/7/2020), sehari setelah Washington menutup konsulat China di Houston.

Penutupan konsulat AS di Chengdu adalah aksi balasan dari China, yang kian memanaskan hubungan tak akur kedua negara poros perekonomian dunia tersebut.

Baca juga: Tak Terima Konsulatnya di Houston Ditutup, China Balas Tutup Konsulat AS di Chengdu

Alasan kedua pihak dalam penutupan konsulat itu sama, mereka saling menuduh pihak lain telah membahayakan keamanan nasional.

Batas waktu bagi pegawai Amerika keluar dari konsulat Chengdu masih belum jelas, tetapi wartawan AFP di lokasi melihat petugas kebersihan sudah membawa kantong plastik hitam besar pada Sabtu (25/7/2020).

Di salah satu kantong itu tampaknya berisi kertas-kertas yang sudah dirobek.

Setidaknya 10 kantong plastik hitam dikeluarkan dari gedung pada dini hari ini.

Baca juga: Dicurigai Punya Hubungan dengan Militer, Ilmuwan China Kabur ke Konsulat San Francisco

Kemudian seorang pekerja terlihat melepas lambang AS yang melingkar di depan konsulat, dan hanya menyisakan bendera Amerika di sana.

Staf lain terlihat mendorong troli di dalam gedung, satu orang membawa tong besar yang kosong, sedangkan beberapa orang membawa koper.

Beijing mengatakan, penutupan konsulat di Chengdu adalah "tanggapan yang sah dan perlu terhadap tindakan tak masuk akal Amerika Serikat".

Baca juga: Konsulat Beijing di Houston Ditutup, Media China: Trump Ingin Salahkan Beijing

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.