Heboh, Kuburan Massal Diduga Berisi Perwira Militer Korban Pembantaian Ditemukan di Sudan

Kompas.com - 25/07/2020, 12:38 WIB
Presiden Sudan Omar al-Bashir. via CNNPresiden Sudan Omar al-Bashir.

KHARTOUM, KOMPAS.com - Sebuah kuburan massal ditemukan di Sudan yang kemungkinan berisi jasad 28 perwira militer yang dieksekusi setelah pengadilan militer cepat pada 1990.

Sebanyak 28 perwira militer itu dieksekusi karena merencanakan percobaan kudeta terhadap mantan Presiden Sudan, Omar Al Bashir, sebagaimana dilaporkan Kantor Kejaksaan Umum pada Kamis malam (23/7/2020).

Melansir Middle East Eye, para perwira militer dieksekusi secara brutal setelah persidangan militer cepat 1 tahun pasca Bashir mengangkat dirinya sebagai presiden pada kudeta militer 1989.

Situs kuburan massal itu tidak terungkap dalam 3 dekade pemerintahan Bashir.

"Kejaksaan Umum berhasil menemukan sebuah kuburan massal yang datanya menunjukkan kemungkinan besar kuburan itu adalah tempat jasad para perwira yang dibunuh dan dimakamkan secara brutal," ungkap pernyataan Jaksa penuntut umum.

Baca juga: Tersandung Banyak Kasus, Eks Presiden Ini Terancam Hukuman Mati

Tim pencari kuburan itu terdiri dari 23 ahli yang telah berupaya selama 3 minggu dan melakukan banyak tindakan forensik serta penyelidikan diambil dari situs kuburan tersebut.

Kepada keluarga para perwira yang tumbang, jaksa penuntut umum meyakinkan bahwa 'kejahatan semacam itu tidak akan berlalu tanpa pengadilan yang adil'.

Sementara itu, eks Presiden Sudan, Omar Al Bashir disidang pada Selasa lalu dalam pembukaan sidang yang menyatakan dirinya memimpin kudeta militer yang membawanya menjadi presiden pada 1989.

Jika terbukti bersalah, Bashir dapat dipidana mati. Saat ini, dilansir Reuters, pengacara Bashir masih belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Baca juga: Hukum Islam Dicabut, Puluhan Warga Sudan Protes di Ibu Kota Khartoum

Kuburan massal di bagian timur Khartoum

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X