Dikira Uang Biasa, Pria Ini Temukan Koin Era Romawi Berusia 1.800 tahun

Kompas.com - 20/07/2020, 19:19 WIB
Chris Lyn menunjukkan koin dari era Romawi Kuno berusia 1.800 tahun yang ditemukannya. Mercury Press & Media via Daily MailChris Lyn menunjukkan koin dari era Romawi Kuno berusia 1.800 tahun yang ditemukannya.

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Seorang pria di Merseyside, Inggris, tidak menyangka menemukan koin berusia 1.800 tahun dari Romawi Kuno setelah mengiranya uang biasa.

Chris Lyon menemukan artefak dari 241 Masehi pada 5 Juli di Carr Mill Dam, St Helens, ketika sedang membersihkan sampah dengan pacarnya, Chelsea Marsden.

Awalnya, pria 27 tahun itu mengira koin yang ditemukannya uang euro biasa. Jadi dia mengantonginya dan kemudian membawanya pulang.

Baca juga: Erupsi Gunung di Alaska Picu Munculnya Kekaisaran Romawi, Kok Bisa?

Baru setelah membersihkan uang itu, dia kemudian menyadari bahwa benda yang ditemukannya mempunyai nilai sejarah dari yang dibayangkan.

Dilansir Daily Mail Senin (20/7/2020), Lyon menguggah uang temuannya di Facebook, dan salah satu pecinta sejarah menyadari satu gambar menarik.

Gambar itu adalah Gordian III, Kaisar Romawi yang memerintah Inggris dari 238 Masehi hingga saat dia mangkat pada 244 Masehi.

"Saya tak percaya atas apa yang saya temukan. Yang membuat pikiran saya berkecamuk adalah koin itu berada selama ribuan tahun dan tidak dijamah," kata dia.

Dia mengaku terperangah karena koin kuno tersebut tidak terkubur seperti yang selama ini dia ketahui, namun tergeletak begitu saja.

Dia menuturkan setelah mendapatkan uang itu, dia menunjukkannya kepada kakeknya yang mengaku tidak tahu ada mata uang euro seperti itu.

"Jika saya tahu benda apa itu ketika saya mengambilnya, saya tentu akan mencurahkan lebih banyak waktu untuk mencarinya," ujar Lyon.

Baca juga: Ahli Temukan Gim Papan Berusia 1.700 Tahun Peninggalan Romawi Kuno

Halaman:

Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X