Ahli Temukan Gim Papan Berusia 1.700 Tahun Peninggalan Romawi Kuno

Kompas.com - 15/06/2020, 16:02 WIB
Temuan permainan papan berusia 1.700 tahun di Norwegia. Bergen University MuseumTemuan permainan papan berusia 1.700 tahun di Norwegia.

KOMPAS.com - Mari kita berkenalan dengan salah satu permainan papan yang dimainkan orang Romawi Kuno sekitar 1.700 tahun lalu.

Dilansir Science Alert, Sabtu (13/6/2020), permainan papan ini disebut ludus latrunculorum. Para ahli menemukan papan ini saat menggali situs gundukan makam Ytre Fosse di Norwegia.

Permainan ini terdiri dari 19 bagian, termasuk dadu batu panjang yang lebih mirip memanjang tempat alat tulis yang kita gunakan saat ini.

Menurut para ahli, permainan ini disebut mirip dengan catur atau permainan backgammon yang melibatkan dua pemain dan harus menggunakan taktik saat mengambil langkah.

Baca juga: Busur dan Anak Panah Tertua Ditemukan di Sri Lanka, Begini Wujudnya

Situs Ytre Fosse di Norwegia Barat berasal dari Zaman Besi awal, sekitar 300 M, dan berada tepat di rute laut penting yang dikenal sebagai Nordvegen atau jalan utara.

Sangat jarang bagi para arkeolog menemukan set potongan-potongan permainan seperti ini di Skandinavia.

Kendati papan permainannya belum ditemukan, lokasi penemuan ini bisa menjelaskan apa yang dilakukan orang Romawi Kuno di masa lalu.

Ahli menduga, permainan ini merupakan cara bagi para pedagang di masa lalu bersosialisasi atau menghabiskan waktu.

Selain itu, gundukan makam tempat ditemukannya permainan itu kemungkinan besar milik seseorang yang terpandang.

Pasalnya, selain menemukan satu set permainan, tim juga menemukan tembikar, tulang, jarum perunggu, dan gelas yang terbakar. Hal inilah yang mendukung gagasan bahwa pemilik makam merupakan orang terpandang di masanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X