Dukung Gerakan Black Lives Matter, L'Oreal Hapus Kata "Whitening" di Produknya

Kompas.com - 28/06/2020, 15:07 WIB
Kantor perusahaan kosmetik LOreal di Levallois-Perret, Perancis. Foto diambil pada 7 February 2020. REUTERS/GONZALO FUENTESKantor perusahaan kosmetik LOreal di Levallois-Perret, Perancis. Foto diambil pada 7 February 2020.

PARIS, KOMPAS.com - Perusahaan besar kosmetik asal Perancis L'Oreal mengumumkan, mereka menghapus kata-kata seperti whitening (memutihkan) dari produk-produknya.

Kebijakan yang diumumkan pada Sabtu (28/6/2020) ini diambil sebagai bentuk dukungan atas demo anti- rasialisme yang sedang marak terjadi di banyak negara.

L'Oreal mengikuti perusahaan multinasional lainnya seperti Unilever, Johnson & Johnson, dan Mars yang menanggapi gerakan Black Lives Matter (BLM).

Baca juga: Demo George Floyd Bertajuk Black Lives Matter, Apa Artinya?

Demonstrasi besar-besaran yang mengangkat isu rasialisme terjadi, usai kematian pria Afrika-Amerika George Floyd di Minneapolis, akhir Mei.

"Grup L'Oreal telah memutuskan untuk menghapus kata-kata putih/memutihkan, cerah/mencerahkan dari semua produk perawatan kulit malam," kata perusahaan itu yang dikutip AFP.

Pengumuman ini dikeluarkan menyusul keputusan Unilever pada Kamis (25/6/2020), untuk mengganti nama krim pemutih kulit di produk Fair & Lovely dengan alasan yang sama.

Unilever mengatakan, akan menghapus kata "mencerahkan" dalam deskripsi produknya untuk "menghargai semua warna kulit".

Baca juga: Wali Kota Washington Namai Jalan di Luar Gedung Putih Black Lives Matter Plaza

Beberapa perusahaan termasuk L'Oreal, baru-baru ini diterpa kritik untuk produk-produk pencerah kulitnya terkait aksi global BLM.

Johnson & Johnson pekan lalu menerangkan, mereka akan berhenti mengeluarkan beberapa produk Neutrogena dan Clean & Clear di Asia serta Timur Tengah, yang mengurangi bintik-bintik hitam di wajah.

"Kulit yang sehat adalah kulit yang indah," demikian bunyi pernyataan Johnson & Johnson.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X