Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo George Floyd, 5 Patung Tokoh Dunia Ini Dirusak Massa dan Ada yang Dibuang

Kompas.com - 13/06/2020, 23:19 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Demonstrasi menuntut keadilan atas kematian George Floyd juga meluas ke luar Amerika Serikat (AS). Beberapa patung tokoh dunia pun ikut jadi korban usai dirusak massa.

Pengrusakan patung ini dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tapi sama-sama terkait isu rasialisme yang sedang marak diperbincangkan.

Berikut adalah 5 patung bersejarah di dunia, yang dirusak saat demo George Floyd.

Baca juga: Patung Pelopor Pramuka Baden-Powell di Inggris Akan Diturunkan

Demonstran membuang patung Edward Colston di pelabuhan Bristol, dalam lanjutan demonstrasi Black Lives Matter di Inggris, Minggu (7/6/2020). Demonstrasi ini dipicu oleh tewasnya pria keturunan Afrika-Amerika George Floyd, yang lehernya ditindih lutut polisi selama hampir 9 menit di Minneapolis, Amerika Serikat, 25 Mei 2020. Kematiannya yang mengenaskan memicu rangkaian demonstrasi besar, tidak hanya di hampir seluruh penjuru AS tapi juga negara-negara lain.AP/BEN BIRCHALL Demonstran membuang patung Edward Colston di pelabuhan Bristol, dalam lanjutan demonstrasi Black Lives Matter di Inggris, Minggu (7/6/2020). Demonstrasi ini dipicu oleh tewasnya pria keturunan Afrika-Amerika George Floyd, yang lehernya ditindih lutut polisi selama hampir 9 menit di Minneapolis, Amerika Serikat, 25 Mei 2020. Kematiannya yang mengenaskan memicu rangkaian demonstrasi besar, tidak hanya di hampir seluruh penjuru AS tapi juga negara-negara lain.
1. Patung Edward Colston

Minggu (7/6/2020) di pelabuhan Bristol, Inggris, demonstran merobohkan patung perunggu Edward Colston, seorang penjual budak di abad ke-17. Patung itu lalu dibuang ke sungai pelabuhan.

Colston adalah tokoh terkemuka di sebuah perusahaan perdagangan budak kerajaan, yang menjual 100.000 orang Afrika Barat di Karibia dan Amerika Serikat.

Budak-budak yang dijual itu sebelumnya dilabeli inisial nama perusahaan di dada mereka.

Meski patungnya dirobohkan, nama Edward Colston masih melekat di nama jalan-jalan di Inggris, untuk menghormati gedung-gedung serta sekolah yang ia bangun bagi rakyat miskin.

Baca juga: Demo Besar di Inggris, Patung Edward Colston Dibuang ke Sungai, Apa Sebabnya?

Seorang pengguna jalan melintasi patung Christopher Columbus yang dipenggal di Boston, Amerika Serikat (AS), Rabu (10/6/2020). Patung itu dipenggal di tengah demo George Floyd yang menyerukan penghapusan simbol perbudakan dan penjajahan.AP PHOTO/Steven Senne Seorang pengguna jalan melintasi patung Christopher Columbus yang dipenggal di Boston, Amerika Serikat (AS), Rabu (10/6/2020). Patung itu dipenggal di tengah demo George Floyd yang menyerukan penghapusan simbol perbudakan dan penjajahan.
2. Patung Christopher Columbus

Selasa malam (9/6/2020) di Boston, AS, patung Christopher Columbus dipenggal kepalanya, di taman yang dinamai sama dengan tokoh itu.

Patung Columbus juga dirusak dengan cat merah di pusat kota Miami, dan yang lainnya diseret ke danau awal pekan ini di Richmond, Virginia.

Petualang dari Italia itu diagungkan sebagai penemu "Dunia Baru", tetapi juga dianggap banyak orang telah melakukan genosida selama bertahun-tahun, terhadap penduduk pribumi di benua Amerika.

Baca juga: Demo George Floyd, Patung Christopher Columbus di Boston Dipenggal

Patung Presiden Konfederasi Jefferson Davis dipindahkan dari Gedung Capitol di Frankfort, Kentucky, Amerika Serikat, pada 13 Juni 2020.REUTERS/BRYAN WOOLSTON Patung Presiden Konfederasi Jefferson Davis dipindahkan dari Gedung Capitol di Frankfort, Kentucky, Amerika Serikat, pada 13 Juni 2020.
3. Patung Jefferson Davis

Pada Rabu (10/6/2020), patung Jefferson Davis, Presiden Negara Konfederasi Amerika selama Perang Saudara 1861-1865, dirobohkan di Richmond, Virginia.

Di hari yang sama, Ketua DPR AS Nancy Pelosi menyerukan untuk mencopot 11 patung konfederasi di Gedung Capitol, sebagai bagian dari pembongkaran patung-patung usai kematian George Floyd.

Laporan dari Southern Poverty Law Center (SLC) pada 2016 menyatakan, lebih dari 1.500 simbol konfederasi masih dipajang di tempat-tempat umum Amerika Serikat, sebagian besar di selatan.

Patung Raja Belgia Leopold II di Antwerp yang dirusak pekan lalu. Leopold menjadi sasaran vandalisme karena kekejamannya saat memerintah Kongo.AFP/BELGA via Getty Images via Daily Mail Patung Raja Belgia Leopold II di Antwerp yang dirusak pekan lalu. Leopold menjadi sasaran vandalisme karena kekejamannya saat memerintah Kongo.
4. Patung Leopold II

Kota pelabuhan Antwerp di Belgia, merobohkan patung mendiang Raja Belgia Leopold II pada Selasa (9/6/2020), usai dicoret dengan cat merah oleh demonstran anti-rasisme.

AFP mewartakan, patung-patung Leopold telah lama menjadi sasaran para aktivis, karena catatan pemerintahan kolonialnya yang brutal di bekas koloni-koloni Afrika tengah, terutama "Negara Bebas Kongo" yang sekarang menjadi Republik Demokratik Kongo dan sudah merdeka.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com