Radio yang Dipakai Minta Bantuan Saat Kapal Titanic Tenggelam Bakal Diambil

Kompas.com - 21/05/2020, 22:42 WIB
Kapal Titanic menggunakan radio temuan Marconi dan berhasil menghubungi kapal lain untuk menampung 700 penumpang Titanic yang selamat britannica.comKapal Titanic menggunakan radio temuan Marconi dan berhasil menghubungi kapal lain untuk menampung 700 penumpang Titanic yang selamat

RICHMOND, KOMPAS.com - Radio yang dipakai menyiarkan permintaan bantuan saat kapal Titanic tenggelam bakal diambil, setelah pengadilan federal AS memberi izin.

Izin itu diberikan melalui pencabutan larangan bagi para penyelam untuk mengambil reruntuhan dari kapal berusia 108 tahun itu.

RMS Titanic Inc mendapat izin dari hakim federal Rebecca Beach Smith, dalam upaya mereka menyelamatkan radio yang terperangkap di dalam Marconi Suite.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kapal Titanic Tenggelam, 1.500 Orang Meninggal

Pernah diklaim sebagai "kapal yang tidak bisa tenggelam", Titanic akhirnya karam ketika menabrak gunung es pada 14 April 1912.

Saat itu, seperti dilansir Daily Mirror Kamis (21/5/2020), kapal itu tengah melakukan pelayaran perdana bersama 1.500 orang di Samudera Atlantik.

Diwartakan oleh CNN, sebuah perintah pengadilan dirilis pada 28 Juli 2000, yang isinya mencegah siapa pun mengambil bagian dari kapal.

Hakim Smith, dari pengadilan distrik Virginia, menjelaskan dia mencabut aturan itu demi "kesempatan unik menyelamatkan artifak".

Nantinya, artifak itu akan ditambahkan dalam daftar warisan kapal legendaris itu, di mana keputusannya terjadi Senin (18/5/2020), setelah sebelumnya sidang digelar Februari.

Para pakar sudah menyatakan, terdapat "kerusakan signifikan" di bagian atas ruang Marconi, menyoroti peluang "kerusakan lebih besar" di geladak di atas ruangan.

Baca juga: Biografi Marconi, Penemu Radio yang Selamatkan Penumpang Titanic

Karena itu, Hakim Smith sampai pada kesimpulan "ancaman kehilangan permanen" radio itu jika ekspedisi tidak mendapat izin.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X