ABK Indonesia di Costa Smeralda: 84 Positif Covid-19, 143 Dipulangkan

Kompas.com - 07/05/2020, 22:12 WIB
Ilustrasi kapal pesiar Costa Smeralda. KJRI MarseilleIlustrasi kapal pesiar Costa Smeralda.

MARSEILLE, KOMPAS.com - Sebanyak 143 anak buah kapal ( ABK) asal Indonesia di kapal pesiar Costa Smeralda telah dipulangkan, sedangkan 84 lainnya positif Covid-19.

Di kapal pesiar yang merapat di pelabuhan Marseille, Perancis, sejak 15 Maret itu, total ada 253 ABK Indonesia.

Untuk 143 ABK WNI yang dipulangkan ke Tanah Air, mereka telah bertolak dari Marseille menuju Milan, Italia, pada Selasa (5/5/2020) menggunakan bus sewaan yang disediakan manajemen kapal.

Baca juga: Bebas Covid-19, 60 ABK Indonesia di Hamburg Dipulangkan ke Tanah Air

Dalam siaran pers dari KJRI Marseille yang diterima Kompas.com, ABK WNI telah dipulangkan ke Tanah Air menggunakan pesawat sewaan menuju Jakarta dan Denpasar pada Rabu (6/5/2020).

Sementara itu, 84 ABK WNI terpaksa harus menunggu lebih lama karena didiagnosis positif Covid-19. Saat ini mereka masih harus menjalani proses karantina di atas kapal Costa Smeralda.

Acting Konsul Jenderal RI Marseille Erie Noer Bawono menyatakan, seluruh kebutuhan dan perawatan yang diperlukan akan dipenuhi oleh pihak kapal.

Baca juga: ABK Indonesia Dilempar ke Laut, Kapten Kapal China Sebut Itu Dilarung

Lebih lanjut, KJRI Marseille dan KBRI Roma terus berkoordinasi untuk memonitor proses repatriasi keseluruhan ABK WNI yang bekerja di grup Costa, termasuk di antaranya memastikan bahwa seluruh ABK menjalani tes Covid-19, diberikan sertifikat kesehatan, berkoordinasi dengan pihak Prinsipal grup Costa, dan memastikan flight clearance pesawat sewaan telah diberikan.

“KJRI Marseille terus memonitor kondisi para ABK WNI yang berada di atas kapal sejak mereka merapat di Marseille, terutama memberikan dukungan moril bagi awak yang khawatir akan kondisi mereka dan memastikan seluruh kebutuhan dan hak mereka terpenuhi,” ujarnya dalam siaran pers.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X