Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Atasi Covid-19, Erdogan Kirim Peralatan Medis ke AS

Kompas.com - 28/04/2020, 10:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Reuters,CNN

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dia memerintahkan pengiriman peralatan medis ke AS untuk membantu mengatasi Covid-19.

Kepada awak media selepas rapat kabinet, dia menyatakan sudah menawarkan dukungan Ankara secara luar mulai dari Balkan ke Afrika.

Baca juga: Mendagri Turki Mundur Buntut Kepanikan Saat Lockdown, Erdogan Menolak

"Baru-baru ini, kami mengirim bantuan peralatan media ke AS Selasa (28/4/2020), ujar Erdogan sebagaimana diwartakan Reuters.

Presiden 66 tahun itu mengatakan, dikirim menggunakan pesawat militer Turki, bantuan itu berupa masker N95, masker bedah, pakaian hazmat, dan disinfektan.

Setelah Erdogan menyatakan demikian, Direktorat Komunikasi Kantor Kepresidenan Turki juga merilis pernyataan mengenai bantuan itu.

"Kami bangga mengumumkan Turki akan mengirim suplai medis ke AS, atas permintaan sekutu NATO kami, untuk mendukung perang melawan Covid-19," jelas pemerintah.

Dilansir CNN, Ankara menjabarkan mereka mengirim 500.000 masker medis, 40.000 baju hazmat, 2.000 liter disinfektan, 1.500 kacamata, 400 masker N95, dan 500 pelindung wajah.

Erdogan melanjutkan, dia mengumumkan bakal menerapkan lockdown terhadap 31 kota pada Jumat (1/5/2020), dan beerdurasi tiga hari.

Dia menerangkan, karantina wilayah selama akhir pekan itu bakal terus berlangsung selepas Idul Fitri, di mana normalisasi bakal diumumkan kemudian.

Turki mengonfirmasi adanya penambahan 2.131 kasus harian Covid-19, sehingga jumlah keseluruhan pasien yang terinfeksi mencapai 112.261.

Kemudian sebanyak 95 di antara kasus harian itu meninggal, sehingga jumlah korban tewas mencapai 2.900, demikian keterangan kementerian kesehatan.

Baca juga: Erdogan Desak Uni Eropa untuk Bantu Rencananya Terkait Imigran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com