Trump Pertanyakan Apakah China Sengaja Ciptakan Krisis Covid-19

Kompas.com - 19/04/2020, 11:03 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk sebuah infografik dengan tulisan China selama konferensi pers dengan anggota Gugus Tugas Virus Corona di Washington DC, 18 April 2020. AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/Sarah SilbigerPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk sebuah infografik dengan tulisan China selama konferensi pers dengan anggota Gugus Tugas Virus Corona di Washington DC, 18 April 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menyuarakan anggapan bahwa China secara sengaja sudah memulai krisis Covid-19 yang menjangkiti 2,3 juta di seluruh dunia.

Negeri "Uncle Sam" merupakan negara yang paling terdampak virus corona, dengan 738.912 kasus penularan dengan 39.015 di antaranya meninggal.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Trump menuturkan sembari menunggu investigasi yang dilakukan China, AS juga menggelar penyelidikan.

Baca juga: Trump Peringatkan China Akan Hadapi Konsekuensi atas Wabah Covid-19

"Jika memang terjadi kesalahan, maka itu adalah kesalahan. Tetapi jika mereka ternyata bertanggung jawab, tentunya ada konsekuensinya," ancamnya.

Dilansir Bloomberg Sabtu (18/4/2020), sejumlah politisi Partai Republik menuding Beijing karena Covid-19, yang mulai mewabah pada akhir Desember 2019.

Mereka mengklaim, virus corona itu bocor dari laboratorium dalam sebuah eksperimen, dan merancang undang-undang untuk menuntut ganti rugi.

Tak hanya itu. Kaum Republikan juga menuding oposisi, Partai Demokrat, yang membela Beijing dengan menyatakan mereka sebagai "aset China".

Trump menuturkan, hubungan mereka dengan Negeri "Panda" berjalan baik-baik saja hingga virus itu mulai menyebar ke seluruh dunia.

Baca juga: Trump: Kasus Virus Corona di China Jauh Lebih Tinggi

Halaman:
Baca tentang

Sumber Bloomberg
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X