Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Covid-19, Kebun Binatang di Jerman Terancam Umpankan Koleksinya untuk Makanan Hewan Lain

Kompas.com - 15/04/2020, 17:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

BERLIN, KOMPAS.com - Karena Covid-19, direktur kebun binatang di Jerman mengungkapkan, dia terancam mengumpankan binatang koleksinya untuk makanan hewan lain.

"Kami sudah mulai mempersiapkan daftar hewan yang terpaksa harus kami bunuh," kata Direktur Kebun Binatang Neumuenster, Verena Kaspari.

Pernyataan Kaspari itu terjadi setelah ada kebun binatang yang harus menggalang donasi, buntut lockdown untuk mencegah Covid-19.

Baca juga: Seekor Harimau di Kebun Binatang Bronx Terinfeksi Virus Corona

Dilansir BBC Selasa (14/4/2020), Kebun Binatang Berlin mempunyai bayi panda kembar. Namun, para penggemarnya terpaksa menontonnya secara daring.

Juru bicara tempat itu, Philine Hachmeister, kepada DPA mengatakan, panda kembar tersebut begitu menggemaskan bagi publik.

"Kami selalu berpikir 'para pengunjung harus melihatnya langsung'. Kami tidak ingin hewan kecil ini tumbuh besar ketika tempat ini dibuka lagi," paparnya.

Nafsu makan besar

Kepada Die Welt, Kaspari menerangkan membunuh sejumlah hewan koleksi agar penghuni yang lain tetap hidup bakal menjadi langkah paling akhir dan tidak enak.

Meski begitu, dia mengakui langkah tersebut tak akan menyelesaikan masalah finansial. Dia mengungkapkan anjing laut dan penguin butuh ikan segar setiap hari.

"Jika (masalah) ini terjadi, kami terpaksa harus menyuntik mati binatang ini dari pada membiarkan mereka kelaparan," keluh Kaspari.

"Atau yang terburuk, kami terpaksa mengumpankan mereka agar menjadi makanan bagi koleksi kami yang lain," lanjut Kaspari.

Kebun binatang yang dikelolanya milik sebuah asosiasi, yang tak mendapat bantuan dari pemerintah negara bagian terkait sektor bisnis yang terdampak Covid-19.

Baca juga: Cegah Corona, Kebun Binatang Surabaya Ditutup hingga 29 Maret

Dia memprediksi kerugian fasilitasnya akibat virus corona pada musim semi ini bisa mencapai 175.000 euro, atau sekitar Rp 2,9 miliar.

Selain menggalang sumbangan, kebun binatang di Jerman bersama-sama mengajukan bantuan pemerintah senilai 100 juta euro, atau Rp 1,7 triliun.

Asosiasi Kebun Binatang Jerman (VdZ) berargumen, tak seperti lini usaha lainnya, fasilitas mereka tak bisa langsung ditutup begitu saja.

Sebab, ada hewan yang harus diberi makan setiap harinya, dengan kandang mereka harus terus dijaga setidaknya di atas 20 derajat Celsius.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com