Kasus Virus Corona di China Turun, Sejumlah Tempat Umum Dibuka Lagi

Kompas.com - 09/03/2020, 15:07 WIB
Orang-orang mengunjungi pembukaan Disney-Pixar Toy Story Land di Shanghai Disneyland, China, (26/4/2018).) Aly Song/REUTERSOrang-orang mengunjungi pembukaan Disney-Pixar Toy Story Land di Shanghai Disneyland, China, (26/4/2018).)

BEIJING, KOMPAS.com - Kehidupan normal perlahan kembali ke China, setelah berminggu-minggu melakukan perlawanan sengit dengan virus corona.

Senin (9/3/2020) Negeri "Panda" telah membuka beberapa sekolah dan staf resor Disney kembali bertugas.

Sementara itu sejumlah rumah sakit darurat untuk pasien virus corona ditutup, setelah menurunnya jumlah kasus infeksi SARS-CoV-2 di sana dalam beberapa pekan terakhir.

China melaporkan 40 kasus baru secara nasional pada Senin, yang merupakan penambahan terendah sejak Januari. Sementara itu di Wuhan terjadi 22 kematian hari ini.

Kemudian 19.000 orang masih mendapat pengobatan untuk virus ini, turun jauh dari jumlah tertinggi pada 24 Februari yang sebanyak 58.000 pasien.

Baca juga: Dianggap Tangkal Corona, Harga Jahe dan Kunyit di Palopo Naik

Dilansir dari kantor berita AFP, pekan lalu seorang pejabat senior mengisyaratkan bahwa China dapat segera mencabut larangan perjalanan di provinsu Hubei.

Larangan itu membuat sekitar 56 juta penduduk Hubei dikarantina di rumahnya masing-masing.

Disney Shanghai mengatakan telah membuka lagi zona belanja dan hiburan Disneytown, juga taman dan hotel di kompleks yang sama.

Pembukaan bertahap akan dilakukan Disney. Meski begitu, taman hiburan Disneyland masih ditutup.

Toko furnitur IKEA juga membuka kembali 16 tokonya, dengan jam operasional lebih pendek. Akhir Januari lalu, IKEA menutup semua gerainya di China.

Baca juga: Virus Corona Buat FIFA Tunda Kunjungan ke Indonesia

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X