Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Balap Tabrak Penonton di Sri Lanka, 7 Tewas dan 20 Orang Terluka

KOLOMBO, KOMPAS.com - Sebuah mobil balap menabrak kerumunan penonton pada acara motorsport di sirkuit Fox Hill, Sri Lanka pada Minggu (21/4/2024).

Menurut keterangan polisi setempat, mobil tersebut menabrak kerumunan orang di trek yang tidak ada batas pelindung.

Dikutip dari AFP, sebuah video yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan petugas lintasan mengibarkan bendera kuning.

Tujuannya untuk memperingatkan pengemudi lain agar memperlambat kecepatan setelah sebuah mobil terbalik di lintasan.

Para pengemudi terlihat melaju kencang di tengah awan debu oranye hingga sebuah mobil berwarna merah menabrak kerumunan, dan terdengar orang-orang berteriak.

"Sebanyak 27 orang dibawa ke rumah sakit dan tujuh di antaranya meninggal karena luka-luka mereka," kata juru bicara Nihal Thalduwa.

Ia juga menambahkan bahwa seorang anak perempuan berusia delapan tahun termasuk di antara korban tewas.

Sesaat sebelum kecelakaan terjadi, panglima militer Vikum Liyanage mengumumkan bahwa gerbang telah dibuka bagi penonton secara gratis untuk mempromosikan olahraga motor.

Acara tersebut diadakan untuk pertama kalinya dalam lima tahun karena pandemi Covid dan krisis ekonomi di pulau tersebut.

"Hari ini adalah hari yang sangat istimewa. Kami memutuskan untuk mengizinkan siapa pun datang secara gratis," kata Liyanage, seraya mengklaim bahwa sekitar 100.000 penonton berada di sirkuit Fox Hill, sekitar 180 kilometer timur Kolombo.

Diketahui, jalanan di Sri Lanka termasuk yang paling berbahaya di dunia. Rata-rata, delapan kematian dilaporkan setiap hari di jalanan sepanjang 12.500 kilometer.

https://www.kompas.com/global/read/2024/04/21/220700270/mobil-balap-tabrak-penonton-di-sri-lanka-7-tewas-dan-20-orang-terluka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke