Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasukan Ukraina Krisis Amunisi, Besok Zelensky ke Jerman dan Perancis

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan melakukan perjalanan ke Jerman dan Perancis pada Jumat (16/2/2024) besok.

Tujuannya untuk bertemu dengan para pemimpin yang menjadi negara pendukung utama Ukraina di Eropa.

Alasan lain Presiden Ukriana ke Jerman dan Perancis karena pasukan garis depan Ukraina mulai mengalami krisis persenjataan.

Kantor Pemerintah Ukraina dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya agar bantuan tetap mengalir untuk pasukannya di medan perang.

"Pada 16 Februari, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan mengunjungi Jerman dan Perancis untuk melakukan pembicaraan dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Prancis Emmanuel Macron," kata kantor Zelensky dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP pada Kamis (15/2/2024).

Zelensky juga akan berpidato di Konferensi Keamanan Munich pada hari Sabtu, di mana ia akan mengadakan pembicaraan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Selama di sana, ia juga akan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Republik Ceko, Denmark, dan Belanda.

Dijelaskan bahwa pasukan Ukraina menghadapi situasi yang semakin sulit di garis depan timur karena kekurangan amunisi dan serangan baru dari Rusia.

Masa depan jangka panjang dari dukungan Barat yang bernilai miliaran dolar masih diragukan.

Paket bantuan militer senilai $60 miliar telah tertahan di Washington DC AS sejak tahun lalu karena adanya perselisihan di Kongres.

Sementara Uni Eropa terlambat menyetujui program bantuannya sendiri sebesar 50 miliar euro pada awal bulan ini.

https://www.kompas.com/global/read/2024/02/15/172700370/pasukan-ukraina-krisis-amunisi-besok-zelensky-ke-jerman-dan-perancis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke