Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-650 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky Tiba-tiba Batal Hadir | Putin ke Arab Saudi dan UEA

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-650 pada Selasa (5/12/2023).

Ini termasuk, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba-tiba membatalkan kehadiran dalam pertemuan dengan para senator AS padahal untuk membahas pendanaan militer yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kremlin mengatakan, Presiden Vladimir Putin akan mengunjungi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab pada Rabu ini.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-650 yang dapat Anda simak:

Presiden Iran akan bertemu Putin di Rusia pada Kamis

Kremlin pada Selasa mengatakan, Presiden Iran Ebrahim Raisi akan mengunjungi Rusia pada Kamis (7/12/2023), untuk melakukan pembicaraan dengan Vladimir Putin.

"Saya dapat memastikannya. Akan ada perundingan Rusia-Iran pada 7 Desember," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan ketika ditanya tentang laporan media tentang kunjungan Raisi yang akan datang.

Putin sendiri pernah mengunjungi Iran pada Juli tahun lalu dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov melakukan perjalanan ke Teheran pada Oktober untuk melakukan pembicaraan dengan rekan-rekan regionalnya.

Putin akan kunjungi Arab Saudi dan UEA

Kremlin pada Selasa juga mengatakan, bahwa Presiden Vladimir Putin akan mengunjungi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab pada Rabu ini.

Putin telah membatasi perjalanan internasionalnya sejak mengerahkan pasukan ke Ukraina, dan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional untuk Putin atas tuduhan kejahatan perang berupa mendeportasi anak-anak Ukraina secara tidak sah.

“Presiden Putin akan melakukan kunjungan kerja ke UEA dan Arab Saudi besok,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dia mengatakan, pemimpin Rusia akan membahas hubungan bilateral, konflik antara Israel dan Hamas, dan politik internasional.

Perusahaan Finlandia diduga selundupkan drone ke Rusia

Bea Cukai Finlandia pada Selasa mengemukakan, dua perusahaan Finlandia diduga mengekspor drone dan produk rahasia militer lainnya senilai lebih dari tiga juta euro ke Rusia yang melanggar sanksi UE.

“Ada enam tersangka kriminal, salah satunya telah ditahan sejak September,” kata badan bea cukai dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan bahwa hampir 3.500 drone diperkirakan berakhir di Rusia sebagai akibatnya.

Dalam konflik di Ukraina, drone telah banyak digunakan, termasuk pengintaian dan pengiriman bahan peledak.

6 anak Ukraina kembali dari Rusia berdasarkan kesepakatan Qatar

Pejabat Qatar pada Selasa mengatakan, enam anak Ukraina yang diambil oleh Rusia setelah invasi Moskwa akan dipertemukan kembali dengan keluarganya setelah melalui mediasi negara Teluk itu.

Rusia dituduh mendeportasi secara paksa ribuan anak-anak Ukraina dari sekolah, rumah sakit, dan panti asuhan di beberapa wilayah yang dikuasai pasukan Rusia.

Anak-anak tersebut, berusia antara delapan dan 15 tahun, adalah kelompok anak di bawah umur kedua yang dipulangkan melalui kedutaan Qatar di Moskwa.

Sebelumnya, empat anak dipulangkan pada bulan Oktober melalui kesepakatan yang dimediasi Doha antara Rusia dan Ukraina.

Kyiv buka penyelidikan korupsi dalam pengadaan senjata

Ukraina pada Selasa mengatakan, sedang menyelidiki dugaan korupsi dalam pengadaan senjata.

Namun, mereka bersumpah tidak ada "penyalahgunaan" senjata Barat yang masuk ke negaranya untuk melawan invasi Rusia.

Kyiv selama berbulan-bulan telah berjanji kepada sekutunya di Uni Eropa bahwa mereka masih berkomitmen untuk memerangi korupsi, bahkan di masa perang.

Pengumuman tersebut juga disampaikan tiga bulan setelah Kyiv menunjuk menteri pertahanan baru, Rustem Umerov, menyusul tuduhan korupsi di angkatan bersenjata pada masa jabatan pendahulunya.

“Ada beberapa proses terkait pengadaan senjata,” kata Oleksandr Klymenko, kepala kantor kejaksaan antikorupsi Ukraina.

Badan-badan olahraga meminta IOC mengizinkan warga Rusia menjadi atlet netral pada Olimpiade 2024

Perwakilan federasi olahraga internasional dan komite Olimpiade nasional pada Selasa menyerukan agar atlet Rusia dan Belarus diterima di bawah bendera netral untuk Olimpiade 2024 di Paris sesegera mungkin.

Selama KTT Olimpiade di Lausanne, perwakilan atlet juga meminta “kejelasan” mengenai masalah ini, menurut pernyataan yang diterbitkan setelah pertemuan tersebut.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) masih harus membuat keputusan akhir mengenai apakah atlet dari Rusia dan Belarus, sekutu utama Moskwa dalam serangannya terhadap Ukraina, akan diizinkan berkompetisi pada musim panas mendatang.

AS berikan sanksi kepada kepala Palang Merah Belarus atas deportasi anak-anak di Ukraina

Amerika Serikat mengumumkan sanksi pada Selasa terhadap kepala Palang Merah Belarus.

AS menuduhnya terlibat dalam deportasi anak-anak Ukraina ke Rusia.

Sejak invasinya ke Ukraina dimulai pada Februari 2022, Rusia dituduh mendeportasi secara paksa ribuan anak-anak Ukraina –dengan dukungan Belarusia– dari sekolah, rumah sakit, dan panti asuhan di beberapa wilayah yang dikuasai pasukan Rusia.

Moskwa tidak membantah memindahkan ribuan anak-anak Ukraina ke Rusia, namun mengklaim hal itu dilakukan demi perlindungan mereka sendiri.

Ukraina serang situs militer Rusia di Crimea

Ukraina pada Selasa mengatakan, telah menyerang fasilitas militer Rusia di Crimea dengan pesawat tak berawak, dalam operasi terbaru di semenanjung Laut Hitam yang dianeksasi Moskwa.

Rusia mengatakan pihaknya telah melumpuhkan 35 drone Ukraina di Crimea dan Laut Azov, yang terletak di antara negara-negara yang bertikai.

Kyiv telah menargetkan Crimea selama serangan Moskwa namun meningkatkan serangan setelah negara itu melancarkan serangan balasan musim panas ini.

“Drone SBU menyerang sejumlah fasilitas militer penting di Krimea,” kata sumber pertahanan Ukraina yang mengetahui operasi SBU kepada AFP.

Kyiv: penembakan Rusia menewaskan tiga orang di Kherson

Kyiv mengemukakan, penembakan Rusia menewaskan tiga orang di wilayah Kherson, Ukraina selatan pada Selasa.

Kota Kherson direbut kembali oleh pasukan Ukraina lebih dari satu tahun yang lalu, namun terus-menerus ditembaki oleh pasukan Rusia di seberang sungai Dnipro yang mengalir di sebelah kota tersebut.

“Di pagi hari, tentara Rusia tanpa ampun menembaki pusat kota Kherson. Para penjajah membunuh dua orang,” kata Oleksandr Prokudin, kepala wilayah Kherson.

Menlu Belanda tegaskan dukungannya terhadap Kyiv

Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot pada Selasa berusaha meyakinkan Ukraina akan dukungan berkelanjutan dari Belanda selama perjalanan mendadak ke Kyiv.

Kunjungannya terjadi setelah kemenangan Geert Wilders dalam pemilu Belanda, yang partai sayap kanannya ingin menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina.

"Keamanan Anda adalah keamanan kami,” kata menteri luar negeri tersebut dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Belanda telah menjadi salah satu sekutu paling setia Kyiv, memasok senjata dan memimpin program untuk melatih pilot Ukraina menggunakan jet tempur F-16.

AS: Rusia menolak usulan substansial untuk membebaskan 2 orang Amerika

Amerika Serikat pada Selasa mengatakan, Rusia menolak proposal baru untuk membebaskan dua orang Amerika yang ditahan, koresponden Wall Street Journal Evan Gershkovich dan mantan Marinir Paul Whelan.

“Kami telah mengajukan sejumlah usulan, termasuk usulan penting dalam beberapa pekan terakhir,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller kepada wartawan.

“Usulan itu ditolak oleh Rusia,” katanya.

Zelensky tiba-tiba membatalkan hadiri pertemuan dengan Kongres AS

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa tiba-tiba membatalkan kehadiran dalam pertemuan dengan para senator AS di mana ia akan mengajukan banding atas pendanaan militer yang berkelanjutan untuk melawan invasi Rusia.

“Omong-omong, Zelensky tidak dapat hadir –sesuatu terjadi pada menit terakhir– pada pengarahan kami,” kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer kepada wartawan.

https://www.kompas.com/global/read/2023/12/06/100600370/rangkuman-hari-ke-650-serangan-rusia-ke-ukraina--zelensky-tiba-tiba-batal

Terkini Lainnya

Turkiye Setop Berbisnis dengan Israel, Pakar: Akan Sulitkan Ankara

Turkiye Setop Berbisnis dengan Israel, Pakar: Akan Sulitkan Ankara

Global
Tentara Israel Diserang Ratusan Lebah di Gaza Selatan

Tentara Israel Diserang Ratusan Lebah di Gaza Selatan

Global
Kritikan Paling Keras AS untuk Israel, Dituduh Mungkin Langgar Hukum Internasional

Kritikan Paling Keras AS untuk Israel, Dituduh Mungkin Langgar Hukum Internasional

Global
Ukraina Evakuasi Ratusan Orang dari Kharkiv Usai Serangan Rusia

Ukraina Evakuasi Ratusan Orang dari Kharkiv Usai Serangan Rusia

Global
Sekitar 300.000 Warga Palestina Dilaporkan Mengungsi dari Rafah Timur

Sekitar 300.000 Warga Palestina Dilaporkan Mengungsi dari Rafah Timur

Global
Pria Rusia Dituntut karena Mewarnai Rambutnya Kuning, Biru, dan Hijau

Pria Rusia Dituntut karena Mewarnai Rambutnya Kuning, Biru, dan Hijau

Global
Otoritas Cuaca AS Sebut Dampak Badai Matahari Kuat yang Hantam Bumi

Otoritas Cuaca AS Sebut Dampak Badai Matahari Kuat yang Hantam Bumi

Global
Tabrakan 2 Kereta di Argentina, 57 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Tabrakan 2 Kereta di Argentina, 57 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Global
Inggris Cabut Visa Mahasiswa Pro-Palestina yang Protes Perang Gaza

Inggris Cabut Visa Mahasiswa Pro-Palestina yang Protes Perang Gaza

Global
3 Warisan Dokumenter Indonesia Masuk Daftar Memori Dunia UNESCO

3 Warisan Dokumenter Indonesia Masuk Daftar Memori Dunia UNESCO

Global
Israel Kirim 200.000 Liter Bahan Bakar ke Gaza Sesuai Permintaan

Israel Kirim 200.000 Liter Bahan Bakar ke Gaza Sesuai Permintaan

Global
China Buntuti Kapal AS di Laut China Selatan lalu Keluarkan Peringatan

China Buntuti Kapal AS di Laut China Selatan lalu Keluarkan Peringatan

Global
AS Kecam Israel karena Pakai Senjatanya untuk Serang Gaza

AS Kecam Israel karena Pakai Senjatanya untuk Serang Gaza

Global
9 Negara yang Tolak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB di Sidang Majelis Umum PBB

9 Negara yang Tolak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB di Sidang Majelis Umum PBB

Global
Jumlah Korban Tewas di Gaza Dekati 35.000 Orang, Afrika Selatan Desak IJC Perintahkan Israel Angkat Kaki dari Rafah

Jumlah Korban Tewas di Gaza Dekati 35.000 Orang, Afrika Selatan Desak IJC Perintahkan Israel Angkat Kaki dari Rafah

Global
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke