Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Malaysia Pulangkan 12.380 Imigran, Kebanyakan dari Indonesia, Filipina, dan Myanmar

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Baru tiga bulan dari Januari hingga 29 Maret 2023, Pemerintah Malaysia sudah memulangkan sebanyak 12.380 orang asing.

Dirjen Imigrasi di Departemen Imigrasi Malaysia, Datuk Ruslin Jusoh, merinci dari jumlah tersebut, 9.606 orang di antaranya adalah imigran pria dan sisanya, yakni 2.774 adalah imigran perempuan.

Menurut dia, mayoritas imigran yang dipulangkan itu berasal dari Filipina, Indonesia, dan Myanmar.

“Ada tiga kategori imigran untuk repatriasi, yakni orang asing yang telah menyelesaikan masa hukumannya, orang asing yang ditangkap oleh Departemen Imigrasi karena berbagai pelanggaran keimigrasian, dan orang asing yang diserahkan ke departemen oleh lembaga penegak hukum lainnya,” jelas Ruslin, sebagaimana diberitakan Kantor berita Bernama pada Jumat (31/3/2023).

Sementara itu, dia mengatakan, sebanyak 11.650 imigran tidak berdokumen untuk saat ino masih ditahan di 21 depot imigrasi yang dimiliki Pemerintah Malaysia. Ini termasuk tiga pusat penahanan sementara.

"Depot Imigrasi Sungai Bakap telah menangani 2.224 tahanan sejak mulai beroperasi pada 15 Februari 2021," ungkap Ruslin kepada wartawan setelah menghadiri upacara penutupan Depot tersebut.

Ruslin mengatakan fasilitas tersebut pada awalnya digunakan untuk membantu memerangi pandemi Covid-19 dan untuk mengurangi kepadatan di depot penahanan di seluruh negeri karena tidak ada repatriasi yang dapat dilakukan selama masa Perintah Pengendalian Pergerakan.

  • Najib Kalah dalam Upaya Terakhir, Pengadilan Malaysia Tolak Tinjau Kembali Vonis Korupsi
  • Siram Suami dengan Air Panas, WNI Ditangkap Polisi Singapura Saat Coba Lari ke Kepri
  • Cerita Pengalaman Buruk WNI Saat Naik Taksi di Kuala Lumpur, Sopir Tiba-tiba Tanya soal Seks

Sedangkan, kata dia, sebanyak 322.182 imigran ilegal dan 27.572 majikan telah mendaftar untuk rencana kalibrasi ulang imigran gelap yang diumumkan pada bulan Januari. Program ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja asing di dalam negeri.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/02/184400370/malaysia-pulangkan-12.380-imigran-kebanyakan-dari-indonesia-filipina-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke