Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peristiwa Besar Guncang Inggris 2022: 2 PM Mundur, Ratu Elizabeth II Meninggal, Krisis Ekonomi

LONDON, KOMPAS.com – Pada Kamis (20/10/22), Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss mundur setelah baru menjabat selama 45 hari lamanya.

Truss adalah PM Inggris kedua pada tahun ini yang mengumumkan pengunduran diri setelah Boris Johnson pada Juli.

2022 seakan menjadi tahun yang penuh peristiwa di Inggris. Masih segar dalam ingatan publik negara tersebut dan warga dunia ketika Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada September.

Wafatnya Ratu Elizabeth II secara otomatis menaikkan ahli waris takhta untuk memegang tongkat estafet kepala negara Kerajaan Inggris, yakni Pangeran Charles yang kini bergelar Raja Charles III.

Inggris juga dilanda krisis parah. Bahkan muncul laporan anak-anak kelaparan, terpaksa makan karet atau bersembunyi di taman bermain karena tak mampu membeli makan siang.

Selain itu, Inggris juga digulung aksi mogok kerja berskala besar dari para pekerja kereta api, membuat sektor transportasi massal negara tersebut tersendat.

Berikut rangkuman sejumlah peristiwa besar yang terjadi di Inggris sebagaimana dirangkum Kompas.com.

Pada 7 September, Boris Johnson mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif dan PM Inggris lewat sebuah pengumuman di Kantor Perdana Menteri Inggris di Downing Street.

Mundurnya Johnson dari kursi kekuasaan membuat Partai Konservatif menggelar kontestasi kepemimpinan partai.

Partai Konservatif saat ini memegang kursi mayoritas di parlemen sehingga pemimpin partai otomatis menjadi PM Inggris.

Akhirnya, terpilihlah Truss sebagai pengganti Boris Johnson. Truss dilantik menjadi PM Inggris oleh Ratu Elizabeth II pada 6 September di Skotlandia.

Namun, baru 45 hari menjabat, Truss mundur setelah dibanjiri kritikan atas kebijakan-kebijakan yang dia ambil.

Partai Konservatif bakal menggelar kontestasi kepemimpinan lagi untuk mengisi pos pucuk kepemiminan yang kosong.

Publik digegerkan saat kerajaan mengumumkan wafatnya Ratu Elizabeth II pada 8 September di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun setelah sebelumnya kesehatan sang ratu dilaporkan mengkhawatirkan.

Ucapan dukacita dari seluruh dunia mengalir ke Inggris hingga Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel St George pada 19 September dalam sebuah prosesi pemakaman yang khidmat.

Setelah Ratu Elizabeth II wafat, Raja Charles III memulai masa kepemimpinannya sebagai kepala negara Inggris yang baru.

Inggris diguncang krisis dan mata uang poundsterling sempat berada di titik terendah sepanjang sejarah terhadap dollar AS.

Setelah serentetan terpaan finansial yang dihadapi Inggris, negara tersebut turut dilanda krisis akibat kenaikan kebutuhan pokok.

Warga pun mulai merasakan berbagai kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Evening Standard melaporkan, perempuan di Inggris terpaksa menjadi pekerja seks setelah putus asa mencari uang di tengah krisis biaya hidup.

Jumlah panggilan ke English Collective of Prostitutes, sebuah organisasi pekerja seks akar rumput, telah melonjak sepertiga musim panas ini.

Krisis biaya hidup mendorong perempuan menjadi pekerja seks dengan berbagai cara, baik di jalan, di tempat, maupun online.

Selain itu, muncul laporan anak-anak sangat kelaparan sehingga terpaksa makan karet atau bersembunyi di taman bermain karena tak mampu membeli makan siang.

Tagihan energi yang besar memaksa lebih banyak keluarga untuk memilih antara menyalakan pemanas dan membeli makanan, sebagaimana dilansir The Guardian.

Serikat pekerja kereta api Inggris, RMT, mengatakan pada Rabu (19/10/2022) bahwa mereka akan menggelar aksi mogok terhadap 14 perusahaan yang mengoperasikan kereta api pada awal November.

Sebelumnya, aksi mogok juga sudah dilakukan para pekerja kereta api Inggris untuk menuntut kesejahteraan yang lebih baik, yang membuat beberapa layanan transportasi massal negara tersebut lumpuh.

Sekitar 1.000 sopir perusahaan logistik GXO di Inggris akan mogok kerja selama lima hari dari akhir bulan dalam perselisihan tentang gaji.

Ratusan pekerja di pelabuhan Liverpool, salah satu pelabuhan peti kemas terbesar di Inggris, akan melakukan aksi mogok selama dua pekan lagi mulai 24 Oktober.

Lebih dari 300.000 anggota serikat perawat terbesar di Inggris mulai memvoting usulan mogok kerja untuk menuntut kenaikan gaji.

Dokter junior dan para pekerja ambulans juga berencana untuk menggelar voting untuk mogok kerja guna menuntut kenaikan gaji.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/21/170100770/peristiwa-besar-guncang-inggris-2022--2-pm-mundur-ratu-elizabeth-ii

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke