Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapal AS dan Kanada Berlayar di Selat Taiwan, China Siaga Tinggi

TAIPEI, KOMPAS.com – Sebuah kapal perusak AS dan fregat Kanada berlayar melalui Selat Taiwan pada Selasa (20/9/2022).

Dua kapal militer tersebut dilaporkan berlayar di sana untuk memperkuat status Selat Taiwan sebagai jalur air internasional.

Kapal perusak milik AS tersebut adalah USS Higgins, sedangkan kapal fregat Kanada adalah HMCS Vancouver.

Armada Ketujuh Angkatan Laut AS mengatakan, kedua kapal tersebut melakukan transit rutin di Selat Taiwan pada Selasa sesuai dengan hukum internasional.

“Kapal itu transit melalui suatu koridor di selat yang berada di luar teritorial suatu negara mana pun,” kata Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, sebagaimana dilansir AFP.

Sementara itu, Kanada melaporkan bahwa HMCS Vancouver berlayar bersama USS Higgins di Selat Taiwan dalam perjalanannya bergabung dengan misi yang sedang berlangsung untuk menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara.

“Transit rutin Selat Taiwan hari ini menunjukkan komitmen kami untuk Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif,” kata Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand.

Seorang Juru Bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China Kolonel Shi Yi menyebut pelayaran terbaru di Selat Taiwan tersebut menyita perhatian.

“Pasukan selalu siaga tinggi, dengan tegas melawan semua ancaman dan provokasi, dan dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial," kata Shi, sebagaimana diwartakan media pemerintah China, CCTV.

Dalam beberapa tahun terakhir, kapal-kapal militer dari AS, Inggris, Kanada, Perancis, dan Australia telah berlayar di Selat Taiwan, sebuah langkah yang memicu protes dari Beijing.

Negara-negara tersebut juga sering mengirim kapal militernya mengarungi Laut China Selatan, lautan penting di mana Beijing mengeklaim mayoritas periaran tersebut.

Terakhir kali kapal perang AS dan Kanada berlayar melalui Selat Taiwan adalah 11 bulan yang lalu ketika kapal perusak USS Dewey dan fregat HMCS Winnipeg melakukan perjalanan.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/21/134600070/kapal-as-dan-kanada-berlayar-di-selat-taiwan-china-siaga-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke