Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Presiden Baru Taiwan Usai China Kerahkan Pesawat dan Kapal di Sekitar Pulau

Kompas.com - 26/05/2024, 17:40 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Presiden baru Taiwan Lai Ching-te pada Minggu (26/5/2024) menyatakan, dirinya masih siap untuk bekerja sama dengan China meski Beijing baru-baru ini mengadakan latihan militer di sekitar Taiwan.

Tiga hari setelah Lai Ching-te dilantik, kapal perang dan jet tempur China dilaporkan telah mengepung Taiwan dalam latihan yang menurut China sebagai ujian atas kemampuannya untuk merebut pulau tersebut. 

Namun, Lai mengatakan kepada para wartawan pada Minggu, bahwa ia ingin Taiwan dan China bersama-sama dapat memikul tanggung jawab penting stabilitas regional.

Baca juga: China Mulai Latihan Perang di Sekitar Taiwan, Uji Kemampuan Rebut Kekuasaan

"Saya juga berharap untuk meningkatkan saling pengertian dan rekonsiliasi melalui pertukaran dan kerja sama dengan China... dan bergerak menuju posisi perdamaian dan kemakmuran bersama," katanya dalam sebuah acara di Taipei, sebagaimana dikutip dari Kantor berita AFP.

Komunikasi antara China dan Taiwan terputus pada 2016 setelah mantan presiden Tsai Ing-wen menjabat, dan berjanji untuk mempertahankan kedaulatan Taiwan.

Lai, yang berasal dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang sama, telah bersumpah untuk mempertahankan kebijakan Tsai dalam membangun kemampuan pertahanan Taiwan, sambil tetap terbuka untuk berdialog dengan China dan memperkuat hubungan dengan mitra pulau itu, terutama Amerika Serikat.

China sendiri sempat mengatakan, bahwa pidato pelantikan Lai pada Senin (20/5/2024) merupakan seruan untuk kemerdekaan dan mendorong pendudul Taiwan ke dalam situasi perang dan bahaya.

"Setiap kali 'kemerdekaan Taiwan' memprovokasi kami, kami akan mendorong tindakan balasan kami selangkah lebih maju, sampai penyatuan kembali tanah air tercapai," kata juru bicara kementerian pertahanan China, Wu Qian, pada Jumat (24/5/2024).

Baca juga: 32 Pesawat Militer China Terdeteksi di Sekitar Taiwan dalam 24 Jam

Sementara itu, Wen-Ti Sung, seorang peneliti nonresiden di Global China Hub Atlantic Council, mengatakan, Lai akan berpegang teguh pada tekadnya setelah interaksi pertama antara pemerintahannya dan Beijing.

"Namun, dia tidak diragukan lagi akan berusaha memanfaatkan mitra dan teman internasional lainnya untuk membantu memfasilitasi lebih banyak komunikasi jalur belakang dengan Beijing," kata Sung.

Sejak 2016, China telah meningkatkan tekanan militer dan politik terhadap Taiwan, dan kapal angkatan laut, drone, dan pesawat tempurnya mempertahankan kehadirannya hampir setiap hari di sekitar pulau itu.

Sengketa ini telah lama menjadikan Selat Taiwan sebagai salah satu titik rawan paling berbahaya di dunia. 

Lembaga penyiaran pemerintah China, CCTV, melaporkan, selama latihan minggu ini, jet-jet tempur yang sarat dengan amunisi aktif bergegas menuju target dan pesawat pengebom membentuk formasi untuk bergabung dengan kapal-kapal perang guna mensimulasikan "serangan terhadap target-target penting".

Tong Zhen, dari Akademi Ilmu Militer China, mengatakan kepada kantor berita pemerintah Xinhua bahwa latihan tersebut terutama menargetkan para pemimpin dan pusat politik 'kemerdekaan Taiwan', dan melibatkan simulasi serangan presisi terhadap target-target politik dan militer utama.

Baca juga: 103 Pesawat Tempur China Terbang di Sekitar Taiwan

Meng Xiangqing, seorang profesor dari Universitas Pertahanan Nasional yang berbasis di Beijing, mengatakan kepada Xinhua, kapal-kapal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) semakin dekat ke pulau itu daripada sebelumnya dan telah mencakup bagian timur pulau itu -yang dianggap oleh PLA sebagai arah yang paling memungkinkan untuk datangnya intervensi eksternal. 

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com