Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusia Cegah Kapal Perusak AS Masuki Perairannya

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia mengklaim telah mencegah kapal perusak Angkatan Laut AS memasuki perairannya di Laut Timur pada Jumat (15/10/2021).

Laporan tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan mengenai insiden tersebut.

“Kapal anti-kapal selam Admiral Tributs dari Armada Pasifik Admiral Tributs tidak mengizinkan kapal perusak Angkatan Laut AS untuk melanggar perbatasan nasional Rusia,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian tersebut menambahkan, kapal perusak milik Angkatan Laut AS adalah USS Chafee sebagaimana dilansir The Hill.

Kementerian Pertahanan Rusia menuturkan, Admiral Tributs memperingatkan USS Chafee agar tidak memasuki perairan Rusia ketika semakin berlayar mendekat dari Laut Timur.

Kementerian itu juga mengeklaim bahwa USS Chafee berada di daerah yang ditutup karena digelarnya latihan angkatan laut gabungan antara Rusia dan China mulai 14 Oktober hingga 17 Oktober.

“Setelah menerima peringatan, USS Chafee, tidak mengubah jalurnya untuk meninggalkan area tertutup, justru mengibarkan bendera warna yang menunjukkan persiapan adanya lepas landas dari dek helikopter,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

“Ini berarti tidak mungkin kapal mengubah arah dan kecepatan, dan mengambil tindakan untuk melanggar perbatasan nasional Federasi Rusia di Peter the Great Bay,” sambung Kementerian Pertahanan Rusia.

Admiral Tributs akhirnya berlayar ke arah USS Chafee untuk mencegahnya berlayar lebih jauh lagi.

Kementerian menambahkan, kapal perusak milik Angkatan Laut AS tersebut akhirnya berbalik arah ketika jarak antara kedua kapal kurang dari 60 meter.

Kementerian Pertahanan Rusia melanjutkan bahwa tidakan awak kapal USS Chafee tersebut adalah pelanggaran mencolok terhadap aturan internasional yang mencegah tumburan kapal di laut.

“Dan perjanjian antar pemerintah Rusia-Amerika tentang pencegahan insiden di laut lepas dan di wilayah udara pada 1972,” klaim Kementerian Pertahanan Rusia.

Di sisi lain, Komando Indo-Pasifik AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tindakan yang dilakukan kapal perusak AS itu sudah aman dan profesional.

“Setiap saat, USS Chafee melakukan operasi sesuai dengan hukum dan kebiasaan internasional,” kata Komando Indo-Pasifik AS.

“Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana hukum internasional mengizinkan,” sambungnya.

Komando Indo-Pasifik AS menambahkan, kapal Rusia sengaja datang dalam jarak 65 yard ketika USS Chafee sedang mempersiapkan operasi penerbangan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/16/110306670/rusia-cegah-kapal-perusak-as-masuki-perairannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke