Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

New York Umumkan Keadaan Darurat Akibat Dilanda Badai Ida

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - New York mengumumkan keadaan daurat setelah dilanda hujan dengan curah hujan tinggi dan banjir bandang akibat Badai Tropis Ida.

Wali kota Bill de Blasio mengatakan New York City "mengalami peristiwa cuaca yang bersejarah" dengan terjadinya banjir dan kondisi berbahaya di jalan-jalan.

Video di media sosial menunjukkan air mengalir ke stasiun kereta bawah tanah dan rumah-rumah penduduk, serta membanjiri jalanan, seperti yang dilansir dari BBC pada Kamis (2/9/2021).

Seseorang tenggelam di Passaic, New Jersey, kata wali kota setempat. Lalu, setidaknya 9 rumah di Mullica Hill hancur ditiup Tornado.

Di Kearny, New Jersey, atas sebuah gedung pos runtuh, menimpa orang-orang di dalamnya, kata polisi.

Tim penyelamat berada di tempat kejadian, tetapi belum jelas berapa banyak korban lukanya.

National Weather Service mencatat curah hujan mencapai 8 cm dalam 1 jam di Central Park New York.

Polisi New York mendesak penduduk untuk menghindari keluar rumah, sedangkan departemen pemadam kebakaran sibuk merespons panggilan dari seluruh kota.

Kereta bawah tanah kota sebagian besar telah ditutup, dan banyak layanan kereta api serta penerbangan dari New York dan New Jersey ditangguhkan.

Badai Ida sekarang telah terdorong ke utara melintasi timur negara itu, setelah menghantam Louisiana sebagai badai Kategori 4 pada Minggu (29/8/2021).

Akibat Badai Ida tersebut, ratusan dari ribuan rumah di Louisiana mati listrik dan di kota New Orleans berada dalam aturan jam malam.

Banyak faktor yang menyebabkan banjir hebat di negara bagian AS, tetapi pemanasan atmosfer yang disebabkan oleh perubahan iklim membuat curah hujan ekstrem lebih mungkin terjadi.

Dunia telah menghangat sekitar 1,2 Celcius sejak era industri dimulai, dan suhu akan terus meningkat, kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/02/165701470/new-york-umumkan-keadaan-darurat-akibat-dilanda-badai-ida

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke