Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

VIDEO: Taliban Nge-gym di Istana Presiden Afghanistan yang Ditinggal Penghuninya

Tidak diketahui persis kapan video itu direkam, tetapi yang pasti setelah Taliban menduduki gedung pusat pemerintahan tersebut, Minggu (15/8/2021).

Istana presiden Afghanistan sendiri sudah kosong, setelah ditinggal Presiden Ashraf Ghani ke luar negeri dan penghuni lainnya melarikan diri.

Presiden Ashraf Ghani melarikan diri pada Minggu ketika Kabul dikepung, dan Taliban kuasai Afghanistan hanya dalam tempo 10 hari.

Pemerintahan Ghani sepenuhnya terisolasi pada Minggu setelah milisi menyerbu benteng utara anti-Taliban di Mazar-i-Sharif dan Jalalabad.

Di video, tampak anggota Taliban bersenang-senang memakai peralatan di gym istana presiden.

"Sebuah video beredar Taliban berada di gimnasium istana presiden #Kabul," tulis Sky News Arabia di caption Instagram, Senin (16/8/2021).

Mereka tetap merangsek masuk, meski tidak memiliki tiket atau visa tujuan luar negeri.

Kabar Afghanistan terkini, ribuan polisi dan aparat keamanan pemerintah lainnya tiba-tiba meninggalkan pos, seragam, bahkan senjata mereka pada Minggu malam.

Seperti kebanyakan kota-kota lain yang direbut, Taliban menang setelah pasukan pemerintah menyerah atau mundur.

Taliban kemudian mengepung ibu kota.

Tiga sumber senior Taliban mengatakan kepada AFP, anggota mereka telah menguasai istana kepresidenan dan mengadakan pertemuan tentang keamanan di ibu kota.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/17/111916670/video-taliban-nge-gym-di-istana-presiden-afghanistan-yang-ditinggal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke