Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS-Korsel Bakal Gelar Latihan Militer, Korut Panas

SEOUL, KOMPAS.com – Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) akan memulai latihan militer pendahuluan pada Selasa (10/8/2021).

Latihan tersebut tetap digelar meski Korea Utara sebelumnya sudah memprotes dengan menyebut bahwa itu akan memengaruhi hubungan antar-Korea.

Melansir The Straits Times, latihan tersebut dinamakan Pelatihan Staf Manajemen Krisis yang diadakan hingga Jumat (13/8/2021).

Latihan militer tersebut dimaksudkan untuk memeriksa kesiapan sekutu AS dalam menanggapi setiap kemungkinan.

Setelah itu, latihan itu sedianya dilanjutkan latihan skala penuh yang dijadwalkan mulai 16 hingga 26 Agustus sebagaimana diwartakan oleh Yonhap.

Di sisi lain, pasukan AS di Korea Selatan menolak untuk berkomentar mengenai latihan militer itu.

Korea Selatan dan AS secara teratur kerap menggelar latihan militer, terutama di musim semi dan musim panas.

Selama beberapa dekade terakhir, Korea Utara menanggapi latihan tersebut dengan amarah dengan menyebut bahwa latihan itu dilakukan untuk persiapan perang.

Yonhap mewartakan, latihan pendahuluan itu sebagian besar akan terdiri dari simulasi terkomputerisasi tanpa latihan lapangan langsung yang melibatkan pasukan yang berbasis di AS, mengingat pandemi virus corona.

Kim Yo Jong, adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, memperingatkan Korea Selatan pekan lalu bahwa mengadakan latihan akan melemahkan upaya untuk membangun kembali hubungan antar-Korea.

Sebelumnya, Korea Utara dan Korea Selatan sebenarnya hendak memulihkan hubungan yang sempat diputus Pyongyang tahun lalu.

Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berupaya untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang tegang dan melanjutkan pertemuan puncak.

Beberapa pejabat di Korea Selatan dan anggota partai berkuasa di sana menyerukan agar latihan itu ditunda guna mempercepat rekonsiliasi antar-Korea.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/09/202443070/as-korsel-bakal-gelar-latihan-militer-korut-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke